Cara Membantu Karyawan Mengembangkan Diri sebagai Aset Perusahaan

aset perusahaan

Coba pikirkan, apa yang bisa dilakukan para pemilik perusahaan tanpa karyawan? Tentu saja tak ada yang bisa dilakukan, meskipun aset perusahaan melimpah ruah. Namun pada hakikatnya, aset perusahaan adalah tenaga kerja atau para karyawannya. Ketika perusahaan memiliki sumber daya manusia yang sangat mumpuni dan berkualitas, maka jangan heran jika perusahaan tersebut akan menjadi salah satu perusahaan yang maju. Jika sebuah perusahaan menganggap karyawannya sebagai aset berharga, maka perlu ada cara untuk terus memaksimalkan aset tersebut.

Salah satu caranya adalah dengan membantu karyawan untuk mengembangkan diri. Tentu saja perusahaan harus ikut andil dalam memajukan karyawannya, sebab akan memberikan dampak bagi perusahaan kelak. Inilah 5 cara yang bisa dilakukan oleh pihak perusahaan untuk mengembangkan kemampuan karyawan sebagai aset berharga di perusahaan.

Karyawan sebagai Aset Perusahaan Harus Selalu Diperjuangkan

Menjaga Motivasi Kerja

Sumber : workstride

Salah satu hal penitng yang tidak boleh dilupakan oleh pihak perusahaan adalah betapa pentingnya motivasi bagi setiap karyawan yang bekerja. Ciptakan sebuah lingkungan kerja yang mampu memberikan motivasi bagi setiap karyawan melalui berbagai pekerjaan, challenge, target, hingga atmosfer yang membuat karyawan merasa betah untuk bekerja di perusahaan.

Membantu untuk Menunjukkan Gambaran Utuh Perusahaan

Sumber : thebalance

Setiap karyawan memiliki gambaran berbeda-beda terhadap perusahaan tempatnya bekerja. Hal ini dikarenakan mereka hanya melihat dari sudut pandang posisi atau tanggung jawab mereka semata. Di sinilah peran pihak perusahaan untuk membantu para karyawan dalam menunjukkan gambaran besar dari perusahaan tersebut. Mulailah dengan memudahkan mereka untuk memahami tujuan dari organisasi perusahaan, baik secara visi, misi, nilai perusahaan, dan target lainnya. Berikan rasa sense of belonging bagi para karyawan kepada perusahaan dengan cara tersebut. Di sini pihak perusahaan juga bisa membantu karyawan untuk melihat begitu besarnya peran mereka dalam mengembangkan perusahaan.

Coaching Class

Coaching class menjadi salah satu cara yang banyak dipilih oleh karyawan sebagai salah satu sarana untuk mengembangkan diri. Pihak perusahaan seharusnya membuat sebuah program yang membantu karyawan untuk berdiskusi dengan expert dalam membahas banyak hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Setiap karyawan memiliki ekspektasi tersendiri terhadap kelas coaching, maka alangkah baiknya program ini dibuat dengan observasi yang valid dan aktual untuk hasil yang lebih maksimal.

Program Training yang Tepat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika program training maupun coacing haruslah dibuat dengan tepat, sehingga hasil yang didapatkan akan maksimal. Salah satu metode yang cukup populer untuk mengembangkan para karyawan adalah dengan job swapping atau cross training. Di mana metode ini akan mengajarkan karyawan belajar bagian-bagian lain dari sekedar tugas mereka sendiri. Tujuannya adalah untuk membuat setiap karyawan paham jika setiap posisi memiliki peran penting dan juga memiliki kesulitan tersendiri. Selain itu, metode ini bisa menambah wawasan, juga keahlian lain kepada para karyawan.

Mempertajam Cara Berpikir Kritis

Berpikir Positif

Ketika karyawan menemui masalah pada pekerjaan mereka, usahakan untuk tidak memberikan mereka solusi cepat dalam menyelesaikannya. Berikan waktu untuk setiap karyawan menyelesaikan masalahnya dengan opini mereka masing-masing. Cara ini bisa digunakan untuk melatih cara berpikir, reaksi, cara penyelesaian masalah, hingga corrective action yang mungkin akan mereka lakukan.

Baca Juga : Kenali 5 Tanda Ketika Atasan Merasa Terancam dengan Kehadiran Karyawan