Nih, 5 Tanda Sebaiknya Karyawan Tinggal di Tempat Kost

Sumber: Rumah Shaleh

Orang-orang yang sudah bekerja memiliki kesempatan untuk hidup lebih mandiri. Termasuk untuk urusan memilih tempat tinggal. Tak sedikit karyawan yang tinggal di tempat kost karena hal-hal tertentu. Apakah Anda termasuk karyawan yang harus ngekost?

Jika Anda mengalami lima tanda ini, berarti Anda termasuk karyawan yang wajib tinggal di tempat kost.

Jarak Rumah dan Tempat Kerja Sangat Jauh

Kini banyak karyawan memutuskan untuk bekerja di tempat yang sangat jauh dari tempat tinggal. Alasannya tentu saja karena pekerjaan tersebut memberikan gaji besar dan pengalaman kerja yang mumpuni. Jika jarak rumah dan tempat kerja Anda benar-benar jauh, bersiaplah untuk tinggal di tempat kost demi alasan efisiensi.

Ongkos Pulang Pergi Setara dengan Biaya Kost

Berapa ongkos yang Anda habiskan setiap bulan untuk perjalanan antara rumah dan kantor?

Kalau biaya transportasi per bulan setara bahkan lebih mahal dari biaya kost, mungkin sudah waktunya Anda tinggal di tempat kost. Dengan biaya yang hampir sama, Anda bisa menghemat waktu dan tenaga setiap hari. Selanjutnya, Anda hanya perlu lebih telaten mengatur kebutuhan hidup. Agar biaya hidup pribadi ketika ngekost tidak terlalu besar dan membuat uang Anda habis.

Sering Menangani Pekerjaan Mendadak

Pekerjaan mendadak memang membuat karyawan yang rumahnya jauh jadi kewalahan. Di satu sisi, ingin sekali lekas pulang ke rumah agar bisa beristirahat. Di sisi lain, sering kali ada pekerjaan mendadak yang harus ditangani secara cepat.

Bila hal tersebut sering terjadi pada Anda, sebaiknya Anda mempertimbangkan keputusan untuk ngekost. Pilihlah tempat kost yang lokasinya sangat dekat dengan kantor. Sehingga Anda tetap punya waktu istirahat yang cukup di sela-sela pekerjaan mendadak.

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Hadapi Stres di Tempat Kerja, Yuk Dicoba!

Lembur yang Tak Dapat Diprediksi

Hampir sama seperti pekerjaan mendadak, lembur juga pasti menyita waktu dan membuat Anda kelelahan. Mungkin ada masa-masa tertentu yang membuat Anda harus lembur setiap hari.

Daripada menghabiskan perjalanan untuk pergi dan pulang ke rumah, alangkah lebih baik jika Anda tinggal di tempat kost. Maka Anda pun bisa langsung beristirahat di tempat kost meskipun harus lembur hingga tengah malam.

Anggota Keluarga di Rumah Semakin Bertambah

Mungkin ada kakak atau adik Anda yang sudah berkeluarga dan tinggal di rumah. Sehingga suasana rumah semakin ramai karena bertambahnya anggota keluarga. Anda bisa memilih tinggal di tempat kost sebagai solusi. Sehingga suasana rumah tetap nyaman dan membuat semua anggota keluarga leluasa beraktivitas. Karena sudah berpenghasilan, Anda pasti mampu membiayai kehidupan pribadi ketika sudah tidak tinggal di rumah.

Ngekost bukanlah keputusan yang buruk bagi para karyawan modern. Kalau Anda ingin ngekost dalam waktu dekat, pastikan bahwa Anda sudah menyiapkan segala sesuatu secara matang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here