5 Kebiasaan yang Harus Ditinggalkan Fresh Graduate Sebelum Mencari Kerja

Para fresh graduate punya kesempatan besar untuk mendapatkan pekerjaan bergengsi. Namun, tentu harus disertai dengan komitmen dan semangat kerja yang konsisten. Sebelum mencari kerja, fresh graduate mesti meninggalkan kebiasaan buruk yang selama ini dijalani.

Kalau Anda adalah seorang fresh graduate, berarti Anda pun mesti berbenah diri meninggalkan beberapa kebiasaan buruk ini sebelum mencari kerja.

Selalu Bangun Siang

Bangun siang adalah musuh besar bagi fresh graduate. Perbaiki kebiasaan ini sekalipun Anda berprofesi sebagai freelancer yang lebih banyak bekerja di rumah. Bangun siang akan membuat waktu Anda semakin berkurang.

Kebiasaan ini akan menjadi kendala besar terutama bila Anda bekerja di kantor. Anda harus membiasakan diri untuk disiplin dan datang lebih awal setiap pagi. Budaya titip absen saat kuliah dulu tak akan berlaku lagi di dunia kerja.

Sering Menunda Pekerjaan

Saat kuliah atau sekolah dulu, mungkin Anda terbiasa menunda-nunda penyelesaian tugas. Kebiasaan yang satu ini tak boleh terbawa hingga Anda bekerja.

Sebelum mencari kerja, pastikan Anda sudah berkomitmen menjadi orang yang tepat waktu. Jangan ragu menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin. Anda harus menunjukkan profesionalitas sebagai seorang fresh graduate.

Hanya Bergaul dengan Kalangan Tertentu

Tak ada alasan untuk bergaul dengan kalangan tertentu saja di dunia kerja. Mungkin Anda terbiasa melakukannya saat kuliah. Namun, Anda tak boleh meneruskan kebiasaan tersebut saat bekerja.

Sebelum mencari kerja, cobalah berbaur dengan banyak kenalan baru. Anda bisa menjadi relawan di acara sosial untuk melatih kemampuan bergaul dengan banyak orang dari berbagai kalangan.

Baca Juga: Sulit Memulai Percakapan dalam Networking? Coba Terapkan Cara Ini!

Hobi Nongkrong di Kafe

Nongkrong di kafe memang identik dengan hobi kekinian. Sebaiknya Anda mengurangi intensitas nongkrong di kafe bila sudah bekerja. Selain menyita waktu, nongkrong di kafe juga akan membuat pengeluaran Anda semakin boros.

Parahnya, waktu istirahat yang berkualitas jadi berkurang karena dihabiskan di kafe. Ingatlah Anda harus menjaga stamina dan semangat demi kualitas kerja yang stabil.

Selalu Minta Uang kepada Orang Tua

Setelah menamatkan pendidikan, alangkah lebih baik jika Anda tidak minta uang kepada orang tua. Anda harus berusaha hidup mandiri bahkan sebelum mendapatkan pekerjaan. Anda bisa melakukan banyak hal untuk mendapatkan penghasilan, misalnya menjadi guru les privat, menekuni bisnis online dropship, atau freelancer di bidang lainnya.

Hal sederhana ini menunjukkan bahwa Anda telah berkembang menjadi pribadi dewasa yang siap memasuki dunia kerja. Nanti, Anda pun akan lebih cermat mengelola finansial bila sudah punya penghasilan sendiri.

Banyak kebiasaan buruk yang harus disudahi sebelum mencari kerja. Proses beradaptasi dengan dunia kerja memang tidak mudah. Namun, Anda pasti bisa menjadi karyawan yang baik dan profesional bila sudah memiliki niat sejak dini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here