4 Kebiasaan Makan Buruk yang Sering Tidak Disadari, Apakah Kamu Termasuk?

kebiasaan makan buruk

Makan menjadi kegiatan rutin yang pasti tiap hari kamu lakukan. Kamu pasti sempatkan diri makan sebelum beraktivitas. Begitu pula saat siang hari kamu akan makan saat istirahat kerja. Kamu pun menutup hari dengan makan malam. Sekilas, kegiatan tersebut terkesan biasa. Namun, justru banyak hal yang kamu lewatkan dari makan. Entah itu jam makan kurang teratur, pola diet yang salah, hingga tidak memerhatikan menu makanan. Tahukah kamu kalau kebiasaan makan buruk itu sering tanpa sadar kamu lakukan? Meski kelihatan sepele, empat hal ini justru sering menjadi kebiasaan makan buruk. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini ya!

Makan Sambil Melakukan Hal Lain Termasuk Kebiasaan Makan Buruk

sumber: freepik

Pekerjaan yang menumpuk bisa membuatmu lupa jam makan. Kamu bahkan sengaja makan sambil bekerja demi menghemat waktu. Sambil menyelam minum air. Kamu bisa menikmati makan, sementara pekerjaanmu tetap berjalan. Ternyata, hal ini tidak baik lho. Melakukan dua hal ini secara bersamaan bisa berpotensi membuatmu tersedak. Fokusmu akan terbelah karena harus makan dan bekerja. Bukan tidak mungkin nih, kamu hanya bisa berfokus penuh pada satu hal. Kemungkinan terbesarnya adalah kamu fokus pada pekerjaan daripada makan. Kamu akan terlambat merasa kenyang. Saking fokusnya, kamu sering tidak sadar porsi makanan yang kamu makan cukup banyak. Hal ini bisa berdampak ke berat badanmu nih!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Malam Hari yang Berpotensi Merusak Kulit

Menu Makanan yang Sering Tidak Sehat

sumber: oneplatter

Kebiasaan makan buruk selanjutnya adalah lupa memerhatikan menu makanan. Kalau sudah terlanjur lapar, apa saja bisa dimakan. Kamu bahkan lupa mempertimbangkan apakah makanan tersebut mengandung gizi yang cukup atau tidak. Misalnya, kamu merasa cukup kenyang hanya makan dengan nasi dan ayam goreng. Padahal, akan lebih baik juga kamu juga memasukkan sayuran ke dalamnya. Buat yang sering lembur kerja, pasti sudah tidak asing dengan menu junk food untuk makan malam. Kebiasaan ini juga tidak baik karena kamu lebih mengutamakan perut kenyang daripada kandungan gizi untuk tubuhmu. Seringkah kamu melakukan hal ini?

Meminum Minuman Dingin Setelah Makan Berkuah Panas

sumber: pinterest

Siapa yang gemar makan makanan berkuah panas, misalnya bakso, mie ayam, hingga ramen? Kebiasaan makan buruk yang sering tidak kamu sadari adalah menikmati minuman dingin setelah memakan makanan tadi. Memang sih, rasanya sangat segar bisa menikmati sensasi dingin setelah panas. Namun, hal tersebut tidak baik untuk kesehatan gigimu. Kerusakan pada lapisan dentin bisa terjadi jika kamu terlalu sering minum minuman dingin setelah makan makanan panas. Akibatnya, lama-kelamaan gigi kamu akan terasa ngilu saat menikmati minuman dingin atau makanan panas. Kalau tidak mau hal ini terjadi padamu, sebaiknya sekarang lebih bijak dalam memilih minuman setelah makan makanan berkuah panas ya!

Kebiasaan Makan Buruk yang Sering Tak Disadari: Makan Terburu-Buru

Makan sambil bekerja tentu tidak baik. Begitu bula dengan makan terburu-buru. Kamu cenderung mengunyah dan menelan makanan dengan cepat. Kunyahan makanan pun tidak sempurna sehingga makanan yang masuk ke tubuhmu masih kasar. Pencernaanmu butuh bekerja lebih keras untuk mencernanya. Selain itu, kamu cenderung tidak mudah merasa kenyak ketika makan terlalu cepat. Kamu masih merasa lapar dan memungkinkanmu untuk terus-menerus makan. Nah, bisa berefek ke berat badanmu juga kan? Segera ubah kebiasaan makan yang terburu-buru ya!

Bagaimana? Apakah ada kebiasaan makan buruk yang sering kamu lakukan? Menghargai dan memilih makanan yang tepat berarti mencintai tubuhmu. Yuk, mulai sekarang ubah kebiasaan itu menjadi lebih baik!

Beri komentar Anda tentang artikel ini