Bekerja dari Rumah Makin Ramah dengan Kebijakan Berikut Ini

Bekerja dari rumah hampir sebulan ini pasti muncul beberapa kendala tersendiri. Tidak semua perusahaan siap dengan sistem baru ini. Namun, mau tidak mau perusahaan harus segera menetapkan aturan dan kebijakan jelas agar pekerjaan tetap berjalan lancar.

Berikut beberapa kebijakan yang setidaknya harus dimiliki perusahaan selama bekerja dari rumah. HRD harus segera mengevaluasi poin-poin berikut ini nih.

HRD Butuh Menetapkan Aturan yang Jelas untuk Kebijakan Bekerja dari Rumah

Meski tidak lagi berkantor, bukan berarti karyawan bisa seenaknya dalam bekerja. Di sinilah pentingnya peran HRD untuk membuat kebijakan serta aturan yang jelas selama karyawan tidak bekerja di kantor. Pastikan HRD tetap menentukan persoalan jam kerja serta cara kerja agar pekerjaan karyawan tidak terganggu.

Aturan yang jelas sangat membantu karyawan untuk bekerja. Selain itu, penetapan jam kerja juga harus dilakukan guna menghindari jam kerja berlebih bagi karyawan. Jangan sampai justru kebanyakan lembur saat di rumah.

Bekerja dari Rumah Kuncinya Ada di Komunikasi yang Teratur

Tanpa saling tatap muka, kemungkinan besar pasti akan muncul kesalahpahaman dalam masalah pekerjaan. Oleh sebab itu, HRD juga perlu mengatur dan memfasilitasi media komunikasi antarkaryawan dan atasan. Pergunakan saja salah satu aplikasi untuk video conference atau pun call conference.

HRD harus mendorong atasan untuk rutin mengontrol pekerjaan anak buah secara jarak jauh. Gunakan rapat dengan video conference untuk hal-hal yang sangat mendesak. Pastikan tidak ada komunikasi yang terputus selama berhari-hari bekerja di rumah.

Baca Juga: Tipe-Tipe Pekerja Remote Saat WFH, Kamu Termasuk yang Mana Nih?

Manfaatkan Teknologi untuk Kolaborasi Kerja Seefisien Mungkin

Bekerja dari rumah biasanya cukup menyulitkan sebagian orang yang belum terbiasa pada aplikasi tertentu. Agar pengumpulan pekerjaan tidak tertunda, manfaatkan teknologi yang ada untuk mempermudah pekerjaan. Apalagi untuk sebuah pekerjaan yang butuh beberapa kolaborasi dari beberapa divisi berbeda.

Ada banyak tools yang bisa dipakai, mulai dari Google Drive, Trello, Asana, dan lain-lain. Anggota tim dapat dengan mudah berbagi info, pekerjaan, dan dokumen di aplikasi tersebut. Sistem kerja semacam ini juga bisa diterapkan saat nanti masuk kerja di kantor lagi karena jelas sangat lebih efisien.

Kepercayaan dari HRD Membuat Karyawan Nyaman Bekerja dari Rumah

Penting bagi HRD untuk tidak mengintimidasi atau berprasangka buruk saat karyawan tidak berkantor. Meski tidak bisa mengawasi secara langsung, pastikan punya kepercayaan kepada karyawan agar mereka juga nyaman bekerja. Selama pekerjaan tiap hari selalu beres, berarti tidak ada kendala kan?

Jangan lupa juga untuk rutin mengecek kendala yang terjadi di lapangan. Evaluasi apakah sistem dan kebijakan baru yang diberlakukan HRD sudah cukup efektif untuk mengakomodasi bekerja di rumah. Masukan dari karyawan juga perlu didengarkan untuk pengembangan kebijakan.

Bagaimana dengan sistem bekerja dari rumah yang diterapkan perusahaanmu? Apakah sudah cukup efektif dan efisien untuk dijalankan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here