Kecerdasan Emosional Selalu Mendorong Kesuksesan dalam Dunia Kerja, Ini Alasannya

Sumber: depositphotos

Kecerdasan emosional seperti kemampuan untuk beradaptasi selalu penting di tempat kerja, namun dengan musim otomasi dan banyaknya perusahaan yang mengalami perubahan besar, maka kecerdasan emosional seperti ini adalah sesuatu yang jauh lebih krusial lagi. Baik bagi karyawan level mula atau CEO perusahaan, memiliki kecerdasan emosional untuk bisa beradaptasi dengan perubahan dan ketidakpastian adalah sebuah hal yang tak bisa ditawar dalam dunia kerja hari ini. Mengapa orang-orang yang cerdas sevara emosional biasanya sukses dalam karir? Berikut adalah alasan-alasannya.

Alasan Mereka yang Memiliki Kecerdasan Emosional Mudah Beradaptasi

Mereka Sadar Ketika Larut dalam Zona Nyaman

zona nyaman

Ketika dikonfrontasi dengan perubahan, kebanyakan orang akan memilih untuk kembali ke zona nyaman mereka. Ini merupakan insting pertama yang alamiah: bertahan pada apa yang Anda ketahui adalah hal termudah dalam survival. Namun, pada jangka menengah hingga panjang, ini bisa membuat Anda menjadi tidak fleksibel.

Orang-orang yang memiliki kecerdasan emosional memang tidak kebal terhadap reaksi pertama seperti ini. Namun, mereka lebih cenderung lebih sadar terhadap apa yang tengah terjadi. Ini adalah sebuah langkah pertama yang krusial untuk mengatasi keinginan untuk bertahan pada zona dan metode yang aman bagi mereka dan berpindah ke teritori baru. Kesadaran adalah awal mula dari segala kemungkinan tindakan. Mengenai pola perilaku tipikal Anda bisa memberikan keuntungan dalam mengatasi variabel baru yang datang tiba-tiba.

Mereka Mengenali Emosi-Emosi Negatif Mereka

Perubahan membawa perasaan dari kedua ujung dari spektrum emosi: kecemasan dan semangat. Rasa takut akan membuat Anda meragukan diri Andaa sendiri. Apa yang dilakukan orang-orang dengan kecerdasan emosional? Mereka tidak akan menekan kecemasan tersebut. Kenalilah emosi ini, bersyukurlah karena hadirnya perasaan itu membuat Anda terus waspada, dan lalui halangan ini.

Tidak ada yang beradaptasi terhadap perubahan dan ketidakpastian dengan mengabaikan perasaan mereka. Memahami emosi-emosi negaif Anda adalah prasyarat awal untuk mengelolanya dan dengan sukses menghadapinya.

Mereka Memeprtimbangkan Beberapa Perspektif Berbeda

Daripada memaksakan jalan mereka untuk mencari hanya satu saja jalan yang benar, orang-orang dengan kecerdasan emosional memahami bahwa sudut pandang mereka hanyalah sekedar satu sudut pandang. Karena itu, mereka tidak gentar dengan pengetahuan bahwa apa yang mereka percayai jelas punya keterbatasan dan biasnya sendiri.

Memahami realita ini adalah sebuah hal yang esnesial untuk mempertimbangkan ide-ide baru, termasuk yang benar-benar berlawanan dengan apa yang Anda percayai di masa lalu. Jelas, karena beradaptasi dengan perubahan mengharuskan Anda mencoba insiatif baru yang belum pernah dicoba dengan pikiran terbuka, dan kemauan untuk mengambil resiko. Orang-orang yang memiliki kecerdasan emosional akan menjadi pelumas yang melancarkan transisi di tempat kerja.

Mereka Membaca Pertanda-Pertanda Nonverbal

bahasa tubuh saat berkomunikasi

Dalam setiap perubahan, pasti aka nada resistensi yang bisa mensabotasi prosesnya jika tidak ditangani dengan benar. Beberapa orang mungkin ingin dilihat sebagai karyawan yang terbuka dengan hal-hal baru namun merasa sangat berbeda di dalam hati. Mereka yang memliki kecerdasan emosional akan secara intuitif memahami bagaimana tekanan kelompok bisa mendorong yang lain untuk tidak menyuarakan rasa keberatan mereka. Lalu, ketika melihat dimana keberatan itu ada, mereka akan berusaha untuk mengarahkannya dengan produktif sehingga tidak terjadi dendam atau sakit hati.

Butuh sebuah kesadaran terhadap gerak-gerik verbal dan nonverbal untuk bisa memahami ini. Membaca bahasa tubuh bisa jadi salah satu cara untuk mempertajam kecerdasan emosional. Selain itu, ini juga akan membantu Anda memenangkan dukungan dari kolega-kolega Anda sehingga Anda bisa beradaptasi dengan situasi baru bersama-sama.

Beri Komentar Anda

komentar