Sebelum Pulang Kantor, Ini Kegiatan Produktif untuk Mengakhiri Jam Kerja

Seringkali setelah semua tugas dan pekerjaan diselesaikan, masih banyak waktu luang tersisa sebelum jam pulang kantor. Di akhir jam kerja tersebut kamu bisa menghubungi keluarga di rumah, atau ngobrol santai dengan rekan kerja. Tapi, kamu juga bisa mengerjakan kegiatan produktif lainnya.

Dengan mengerjakan kegiatan yang produktif sebelum pulang kantor, kamu tidak perlu membawa pekerjaan yang bertumpuk ke rumah. Dengan begini, kamu menghindarkan diri dari stres dan burnout.

Selain itu, dengan memanfaatkan waktu luang kamu juga bisa bekerja dengan lebih efektif dan efisien. Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengakhiri jam kerja.

Mengakhiri Jam Kerja dengan Merapikan Area Kerja

Tempat kerja yang tidak rapi dan tidak bersih bisa menjadi penyebab kamu tidak fokus dalam bekerja. Selain itu, kamu juga bisa kesulitan mendapatkan dan memproses informasi. Akibatnya, kualitas hasil kerja menjadi menurun. Akhir jam kerja adalah saat yang tepat untuk merapikan atau membersihkan meja kerja atau area kerjamu.

Tidak hanya meja atau area kerja saja. Seringkali browser di komputer penuh dengan banyak tab terbuka. Padahal tidak semua tab atau informasi kamu butuhkan. Hal ini juga berlaku untuk program atau aplikasi. Nah, kamu juga bisa mengakhiri jam kerja dengan menutup tab atau program yang terbuka ini.

Mereview To Done List dan Membuat To Do List Baru

Di awal hari kamu tentunya sudah memiliki to do list berisikan pekerjaan yang kamu lakukan sehari penuh. Di akhir jam kerja, tidak ada salahnya untuk meninjau kembali pekerjaan yang sudah kamu selesaikan pada hari itu. Jika masih ada sisa waktu, kamu juga bisa membuat to do list untuk keesokan hari.

Mereview to done list dan membuat to do list membantumu untuk lebih tenang, fokus dan tidak terlalu memikirkan pekerjaan. Baik sebelum atau setelah pekerjaan diselesaikan. Selain itu, kedua kegiatan tersebut membantumu menjalankan rencana dengan lebih baik.

Baca Juga: Loyalitas After Office Hour yang Sering Dianggap Remeh Perusahaan

Mempersiapkan Tugas/Pekerjaan Penting

Banyak karyawan mengakhiri jam kerja nya dengan bersantai. Namun, agar produktif di akhir jam kerja, kamu bisa mulai mempersiapkan tugas atau pekerjaan penting atau pekerjaan besar yang akan kamu lakukan keesokan harinya.

Dengan begini, kamu punya ekstra waktu untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan tersebut. Tidak hanya itu, kamu juga bisa lebih fokus dalam menyelesaikannya keesokan harinya.

Menyelesaikan Pekerjaan yang Tertunda Sebelum Jam Pulang Kantor

Kamu mungkin punya banyak pekerjaan yang tertunda. Nah, akhir jam kerja merupakan saat yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda. Kalau ini dilakukan, maka kamu setidaknya mengurangi beban pekerjaan. Sehingga kamu bisa lebih mudah berfokus pada tugas atau pekerjaan lainnya.

Jika tidak memiliki pekerjaan yang tertunda, kamu juga bisa mengakhiri jam kerja dengan mencicil penyelesaian tugas atau pekerjaan jangka panjang.

Di akhir jam kerja kamu bisa mengucapkan terima kasih pada semua orang yang sudah membantu kamu menyelesaikan pekerjaan pada hari itu. Di sisi lain, ada baiknya kamu memaafkan diri sendiri jika melakukan kesalahan. Dengan begini, kamu bisa mengakhiri hari dengan baik, untuk selanjutnya memulai hari kerja keesokan harinya dengan lebih baik pula.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here