Motivasi Kerja Menurun, Cobalah Solusi Ini untuk Kembalikan Produktivitas

Motivasi kerja menurun biasa menimpa di tengah-tengah perjalanan karier. Tentu, situasi ini tak positif bagi karier Anda sesuatu yang positif karena sudah pasti ada sesuatu yang salah dalam diri Anda atau lingkungan kerja. Agar tidak merambat ke hal lain, Anda perlu solusi agar produktifitas kerja kembali on-track. Dan berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk kembali bersemangat saat melakukan tugas kantor.

Cara Mengatasi Motivasi Kerja Menurun

Ingatlah Saat Pertama Kali Anda Masuk Kerja

Bila motivasi kerja menurun, ingatlah tentang pertama kali Anda menapakkan kaki di kantor. Ini dapat membantu alasan ‘re-call’ kenapa Anda memulai sesuatu di tempat kerja. Tidak ada hal yang lebih baik sebagai motivasi daripada mengingatkan diri Anda kenapa Anda melakukan ini dan apa yang membuat Anda memulai ke arah ini.

Ingatlah momen saat Anda merasa energik dan terlibat dalam berbagai ide untuk perkembangan perusahaan. Ingat kembali momen saat Anda mendapatkan pujian atas saran yang Anda berikan dan semua orang memuji kinerja Anda. Hanya pikiran Anda sendiri yang dapat mengatasi permasalahan ini karena Anda sendiri yang merasakannya.

Baca Juga: Tips Ampuh Mengembalikan Semangat dan Motivasi Kerja Setelah Liburan Panjang

Beri Pujian pada Diri Sendiri karena Anda Berada di Tempat Sekarang

Anda telah bekerja keras untuk mendapatkan posisi sekarang, yang mungkin dicapai dengan lembur selama berhari-hari, kurang tidur, dan bahkan kehilangan momen berharga bersama teman atau keluarga.

Hargai dan beri reward atas kegembiraan Anda di tempat kerja sehingga Anda bisa segera menyingkirkan rasa kehilangan motivasi di tempat kerja.

Tuliskan Apa yang Mengganggu Anda

Bila Anda tidak punya rekan yang bisa mendengar kekacauan Anda, maka mencatat problematika yang tengah Anda alami dan mengapa Anda ingin menyingkirkannya bisa menjadi ide yang bagus.

Cobalah mengadopsi metode ini, bukan tak mungkin akar permasalahan bisa Anda temukan. Setelah itu, hindari hal-hal yang tidak relevan dan fokuslah pada aspek positif yang dapat membantu meningkatkan potensi diri.

Terhubung dengan Orang-orang Sekitar

 

Ketika rasa bosan dan suasana monoton mengambil alih kehidupan kerja, mengapa Anda tidak mencoba untuk mencari tahu apa yang tengah orang sekitar Anda lakukan. Bersikap kompetitif bisa membantu Anda melihat fenomena sekitar dan kembali termotivasi. Mulailah kembali melihat sosok-sosok yang Anda kagumi dan hasil kerja orang lain yang bisa membuat Anda terkesan.

Dengan melihat kinerja orang lain yang lebih baik dari rapor Anda, maka motivasi Anda pun akan mulai terpompa lagi. Penerapan metode ini juga bisa Anda lakukan dengan menjaga hubungan di media sosial.

Keluarkan Tugas yang Berlebihan

Ketika motivasi kerja menurun, bisa jadi disebabkan karena Anda memiliki terlalu banyak beban yang tidak sanggup dipikul sendiri. Atau, ketika Anda terlibat dalam lingkaran monoton di tempat kerja, ada kemungkin besar Anda melakukan pekerjaan dengan cara keliru, misalnya suka menunda pekerjaan.

Untuk menghilangkan rasa tersebut, Anda harus menghilangkan hal negatif dari rutinitas kerja untuk kembali produktif. Jadi, berusahalah untuk lebih aktif mencari pertemanan dengan rekan kerja. Mungkin saja Anda tidak menyukai rekan kerja, tetapi bila Anda terus mengeluh atau bicara buruk di belakang mereka, itu hanya akan buang-buang waktu dan tidak menghasilkan solusi positif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here