5 Kekurangan Solo Traveling yang Justru Bisa Jadi Pelajaran Hidup

kekurangan solo traveling
Sumber : herpackinglist

Baik itu bepergian dengan kelompok ataupun bepergian sendiri, kedua hal tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk mereka yang lebih suka menghabiskan waktu dengan bepergian sendiri, ada beberapa hal yang disukai dan tidak, seperti mampu melakukan apa pun yang diinginkan dan kapan pun itu. Sisanya adalah ketakutan akan merasakan kesepian. Meskipun demikian, berikut adalah kekurangan solo traveling yang justru dapat membuat Anda menjadi seorang individu yang lebih baik dan bertanggung jawab.

5 Kekurangan Solo Traveling yang Justru Bisa Jadi Pelajaran Hidup

Makan sendirian

Sumber: flashpack

Tidak peduli seberapa nyaman dan percaya dirinya Anda, makan sendirian tentu tidak menyenangkan, terlebih di daerah asing. Namun, makan sendirian membantu meningkatkan kepercayaan, dan seringkali mengarah pada kesempatan bertemu orang baru. Hal ini tentu sangat baik, mengingat Anda bisa mendapatkan beberapa tips atau bertukar pengalaman tentang destinasi Anda dengan cara ini.

Tak ada yang menjaga/memperhatikan barang bawaan

Sumber : jeshoots

Sebuah perjuangan untuk membawa semua barang bawaan sendiri, terlebih bila Anda ingin pergi ke kamar kecil karena Anda tidak memiliki siapa pun yang bisa dipercaya untuk menjaga tas Anda. Setelah Anda sudah terbiasa dengan hal ini, maka Anda akan akan belajar cara mengemas barang dengan cepat, yang dapat meningkatkan kemandirian dan kepandaian diri.

Mengandalkan diri sendiri

Sumber : money.usnews

Ketika Anda bepergian dengan orang lain, mudah untuk membiarkan orang lain menutupi kelemahan yang Anda miliki. Misalnya, jika Anda bepergian dengan seseorang yang bisa berbicara bahasa lokal, Anda hanya akan duduk dan membiarkan teman perjalanan Anda melakukan semua pembicaraan. Tapi ketika Anda bepergian seorang diri, Anda tidak memiliki pilihan lain selain menyelesaikan semua masalah sendiri, termasuk berinteraksi dengan orang lokal beda bahasa, navigasi, dan semua hal lain yang bersangkutan dengan wilayah yang dikunjungi.

Kesulitan untuk mengambil foto

Sumber : tripsavy

Ya, bepergian sendiri berarti Anda harus merelakan untuk mengambil foto seorang diri. Tetapi hal baiknya adalah Anda bisa fokus untuk lebih menikmati momen dan keindahan sekitar daripada terus memikirkan selfie. Namun sebenarnya, Anda bisa lho meminta bantuan orang lain untuk mengambil foto, siapa tahu bisa menambah teman baru juga.

Tidak memiliki teman ngobrol

Sumber : nomadicmatt

Ketika Anda baru saja mengalami sesuatu yang menakjubkan atau menyedihkan, rasanya cukup miris ketika Anda tidak memiliki siapa pun untuk berbagi momen tersebut. Namun, bepergian sendiri juga berarti Anda bisa meluangkan waktu untuk membuat pengalaman berharga tanpa adanya gangguan, atau mengenal diri Anda lebih dalam tanpa harus berbasa-basi dengan orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here