Bertemu Kroasia, Ini Alasan Mengapa Prancis Berhasil Lolos ke Final Piala Dunia

kelebihan timnas prancis
Source: hindustantimes

Prancis dan Kroasia akan saling berhadapan di partai pemuncak Piala Dunia 2018. Beberapa kelebihan yang dimiliki Prancis menjadikan tim asuhan Didier Deschamps berhasil lolos ke babak final.

Prancis berhasil menjadi juara di babak penyisihan grup C dengan meraih dua kali kemenangan tanpa sekalipun kalah. Beberapa lawan berat di babak 16 besar dan 8 besar juga berhasil disingkirkan. Di babak 16 besar, Paul Pogba dan rekan-rekannya berhasil menundukkan Argentina 4-3. Selanjutnya di babak 8 besar, Uruguay ditaklukkan tanpa ada gol balasan.

Di semifinal, Prancis berhadapan dengan Belgia, tim yang telah berevolusi dan diperkuat oleh beberapa pemain terbaik dunia seperti Kevin de Bruyne dan Eden Hazard. Hasilnya, Prancis menang 1-0 dan memastikan satu tiket ke babak final.

Kelebihan Timnas Prancis di Piala Dunia

Hasil yang didapatkan Prancis sampai sejauh ini bukannya tanpa alasan. Didier Deschamps sudah berhasil merangkul beberapa pemain kelas dunia dan mengubahnya menjadi tim yang solid. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh tim Prancis.

Pertahanan yang Kuat

foto: fifa

Dimotori Raphaël Varani dan Samuel Umtiti, Prancis merupakan salah satu tim yang memiliki sektor pertahanan terkuat selama berlangsungnya ajang Piala Dunia. Keberadaan Paul Pogba dan N’golo Kanté yang kental naluri bertahannya semakin memperkuat lini pertahanan Prancis.

Begitu solidnya pertahanan Prancis, sampai-sampai beberapa pengamat sepak bola beranggapan Prancis memainkan sepak bola negatif. Di babak 16 besar, tiga gol berhasil disarangkan Argentina ke gawang Prancis, tapi faktanya, di babak-babak selanjutnya gawang Hugo Lloris tak pernah kebobolan.

Lini Depan yang Tajam

Foto: skysports

Soal menggalang serangan Prancis juga harus diacungi jempol. Kerja sama Paul Pogba, Blaise Matuidi, dan N’Golo Kante sukses menghantarkan gelombang serangan bervariasi ke kotak penalti lawan-lawannya. Sedangkan di depan, kecerdikan dan kecepatan yang dimiliki Kylian Mbappe menjamin pasokan bola yang didapatkannya bisa bersarang ke gawang lawan. Kelebihan Mbappe didukung pula oleh pengalaman yang dimiliki oleh Antoine Griezmann.

Unggul di Bola Mati

Foto: nesn

Selain Inggris, Prancis merupakan salah satu tim yang sukses mengkonversi tendangan bebas atau tendangan pojok menjadi gol. Salah satunya, adalah gol penentu kemenangan yang diciptakan Samuel Umtiti saat Prancis mengahadapi Belgia di babak semifinal. Sebelumnya, saat menghadapi Uruguay, Varane juga menciptakan gol dari tembakan bebas yang dilakukan Griezmann.

Baca Juga: Prediksi Perempat Final: Prancis Kehilangan Matuidi, Uruguay tanpa Cavani?

Ambisi dan Mentalitas

Foto: metro

Prancis punya keinginan yang besar untuk menjadi juara. Hal itu didukung pula oleh mentalitas juara yang dimiliki Le Bleus.

“Saya tidak peduli dengan Ballon d’Or” ucap Kylian Mbappe seperti dikutip The Guardian.

“Saya ingin trofi Piala Dunia. Saya ingin tidur bersama trofi Piala Dunia,” tambahnya.

Saat para pemain mudanya haus akan kemenangan, beberapa pemain Prancis juga kaya akan pengalaman. Tercatat 9 pemain Prancis adalah alumus Piala Eropa 2016.

Wewenang Deschamps

Foto: leparisien

Meski timnas Prancis diisi oleh para pemain bintang di klubnya masing-masing, setiap pemain menghargai wewenang yang dimiliki oleh sang pelatih. Dimulai dari tidak mengikutsertakan Karim Benzema dan Antoine Lacazate di skuad yang dibawanya ke putaran final Piala Dunia, Deschamps selanjutnya juga menggeser posisi Griezmann dari tengah ke kiri.

Selain itu, meski Deschamps menjadikan Giroud sebagai ujung tombak, Kylian Mbappe lebih diberikan kesempatan untuk menciptakan peluang dan mencetak gol kalau ada kesempatan.

Beri komentar Anda tentang artikel ini