Bolehkah Minta Kenaikan Gaji Saat Pandemi? Pertimbangkan 3 Poin Ini

Mustahilkah jika kamu meminta kenaikan gaji saat pandemi? Tidak mustahil, tapi ini akan sulit untuk dilakukan. Semua tergantung strategi dan argumentasi yang kuat. Perusahaan perlu pertimbangan dan arah yang jelas ketika memutuskan hal-hal yang berkaitan dengan biaya.

Jika kamu berpikir karyawan kesulitan selama masa pandemi, perusahaan lebih sulit lagi. Perusahaan pada umumnya berusaha memenuhi kewajiban tanpa harus mengusik karyawan, tapi kondisi tengah sulit. Pandemi berkepanjangan ini merusak kestabilan ekonomi.

Lantas ketika kamu berpikir untuk meminta kenaikan gaji, apakah wajar untuk dilakukan? Saat jadwal kenaikan gajimu bertepatan dengan pandemi, haruskah kamu tetap mengajukan kenaikan gaji?

Pahami beberapa hal yang bisa kamu jadikan pertimbangan sebelum meminta kenaikan gaji saat pandemi:

Pahami Kondisi Perusahaan Sebelum Minta Kenaikan Gaji Saat Pandemi

Sebelum mengajukan kenaikan gaji, perhatikan lebih dahulu bagaimana kinerja perusahaan selama pandemi ini. Apakah kamu mendengar desas-desus mengenai kelanjutan bisnis perusahaan? Coba perhatikan apakah tim rekrutmen membatalkan berbagai panggilan wawancara?

Namun kamu harus tahu jika faktanya ada beberapa perusahan yang masih bisa meraup keuntungan dari masa pandemi ini. Jika perusahaan kamu merekrut karyawan baru, dan memiliki laporan penjualan baik maka kamu bisa mulai bernegosiasi.

Baca Juga: Gaji di DKI Jakarta Tertinggi, Ini UMP Tahun 2021 di 34 Provinsi

Evaluasi Kinerja Diri Sendiri

Meminta kenaikan gaji saat pandemi tidak selalu salah, tapi coba evaluasi kinerja kamu lebih dulu. Ketika kamu meminta lebih pada perusahaan, penting bagi kamu untuk memiliki nilai lebih di antara karyawan lain. Perhatikan peran dan tanggung jawab kamu selama masa pandemi.

Apakah ada penambahan tugas selama pandemi? Apa yang sudah kamu capai selama enam hingga 12 bulan belakangan? Apakah pencapaian itu bermanfaat bagi perusahaan? Apa yang membuat kamu begitu berarti hingga perusahaan harus menaikan gaji ketika kondisi finansial diguncang pandemi?

Temukan jawabannya dan mulai tentukan apakah harus muali bernegosiasi atau tidak.

Evaluasi Hubungan Kerja

Mengapa banyak artikel menekankan untuk memiliki hubungan kerja yang baik? Salah satu alasannya berkaitan dengan jenjang karier kamu di dalam perusahaan, termasuk masalah kenaikan gaji. Orang pertama yang harus kamu perhatikan adalah bos.

Hubungan kerja yang baik antara kamu dan bos sangat membantu untuk pengajuan kenaikan gaji, terutama di masa pandemi. Kamu harus menjalin komunikasi dengan baik meskipun sekarang bekerja dari jarak jauh. Mulailah percakapan mengenai pencapaian, rencana kerja, dan ide brilian kamu dengan bos secara teratur.

Jika bos kamu menyetujui pengajuan kenaikan gaji, maka akan lebih mudah bagi kamu untuk mendapatkannya meskipun di masa pandemi.

Jadi, akankah kamu mengajukan kenaikan gaji?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here