Aktivitas Penting Sebelum Resign yang Nggak Boleh Dilupakan

Demi kepentingan karier, karyawan bisa memutuskan untuk resign dari perusahaannya bekerja. Resign juga bisa dilakukan jika karyawan merasa tidak mendapatkan kepuasan atau kebahagiaan di tempat kerja. Apapun alasannya, seorang karyawan hendaknya tidak terburu-buru meninggalkan kantornya. Karena, masih ada beberapa aktivitas yang perlu dilakukan sebelum ia benar-benar resign dari tempat kerjanya.

Tidak bisa dipungkiri, kantor atau perusahaan lama sudah memberikan banyak pengalaman pada karyawan. Selain itu ia juga mendapatkan skill dan kemampuan baru, network serta penghasilan bulanan. Oleh karenanya, karyawan yang resign sudah selayaknya memberikan perhatian pada kantor atau perusahaan lamanya.

Di sisi lain, ia harus mempersiapkan diri untuk menjalani masa transisi dan bekerja di perusahaan baru. Oleh karenanya, jika kamu ingin berganti pekerjaan, ada beberapa aktivitas yang perlu dilakukan sebelum resign dari pekerjaan lamamu.

Aktivitas Sebelum Resign di Perusahaan Lama

Kalau kamu resign, tentu kamu meninggalkan posisi yang kosong di perusahaan. Oleh karenanya, ada baiknya kamu membantu atasan atau perusahaan untuk mempersiapkan pengganti. Caranya bisa dengan merekomendasikan salah satu bawahan atau rekan kerja.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan sebelum resign, yaitu menyelesaikan pekerjaan yang tertunda. Sehingga, rekan kerjamu atau penggantimu tidak kelabakan saat kamu meninggalkan kantor. Tidak ada salahnya menyimpan contoh pekerjaan agar penggantimu bisa menyelesaikan tugas-tugasnya dengan lebih mudah.

Baca Juga: Segera Lakukan Ini Kalau Atasan Menginginkan Kamu Resign

Bersiap untuk Pekerjaan Baru

Bagi yang sudah mendapatkan pekerjaan baru, sudah saatnya memerbaharui resume yang kamu miliki. Agar mudah mendapatkan dan menjalin jaringan baru, kamu juga bisa memerbaharui profil LinkedIn yang dimiliki.

Selain itu, jangan lupa meminta rekomendasi atau referensi dari perusahaan lama. Rekomendasi ini mungkin akan berguna saat kamu menjalankan tugas di perusahaan barumu nanti. Selain dari perusahaan lama, kamu juga bisa meminta rekomendasi dari atasan, mantan klien atau HRD.

Sudah Resign Tapi Belum Mendapat Pekerjaan Baru?

Kamu bisa saja belum mendapatkan pekerjaan baru meskipun sudah resign dari pekerjaan lama. Jika berlangsung cukup lama, tentunya akan memengaruhi kondisi keuanganmu. Karenanya, ada baiknya kamu mengevaluasi kondisi keuanganmu. Selain itu cobalah untuk melakukan perencanaan dana. Agar, kamu bisa mengontrol pengeluaran sampai mendapatkan pekerjaan baru.

Aktivitas lain yang juga tidak kalah penting untuk dilakukan sebelum benar-benar resign, yaitu mengucapkan terima kasih pada seluruh karyawan di perusahaan lama. Selain itu, jika kamu sudah mendapatkan pekerjaan baru, ada baiknya tidak membanding-bandingkan pekerjaan barumu dengan yang lama. Sehingga, kamu tetap diingat sebagai karyawan terbaik yang pernah dimiliki perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here