Elemen Penting dalam CV Berdasarkan Kompetensi Kerjamu

Proses membuat Curriculum Vitae (CV) memang gampang-gampang susah bagi sebagian besar orang. CV harus ringkas tetapi mampu menggambarkan kompetensi kerjamu secara keseluruhan. Itulah sebabnya, elemen penting dalam CV berbeda-beda tergantung dari kondisi kompetensimu ketika melamar pekerjaan.

Jadi, apa saja elemen penting dalam CV yang tidak boleh kamu lewatkan untuk disertakan sewaktu melamar kerja?

Meningkatkan Nilai Jual Fresh Graduate

Elemen penting dalam CV yang dapat meningkatkan nilai jual seorang fresh graduate, yaitu,

  • Pendidikan: terutama bila bidang pendidikan yang ditempuh sangat berkaitan dengan posisi kerja yang dilamar.
  • Keterampilan: meskipun belum punya pengalaman kerja, bukan berarti seorang fresh graduate tidak punya keterampilan yang memadai.
  • Pengalaman: tak masalah jika kamu belum punya pengalaman kerja karena masih berstatus fresh graduate. Kamu bisa mencantumkan informasi tentang pengalaman lainnya dari aktivitas sosial, magang, part time, freelance, atau organisasi.

Baca Juga: 4 Alasan yang Membuat Perusahaan Menyimpan CV Pelamar Kerja

Memperbesar Peluang Diterima Kerja pada Bidang yang Sama

Jika kamu akan melamar pekerjaan di bidang yang relevan dengan pekerjaan lamamu, kemungkinan untuk diterima akan semakin besar. Namun, jangan lupa menyertakan beberapa elemen penting dalam CV berikut ini:

  • Pengalaman kerja: ceritakan secara rinci mengenai pengalaman kerja dan pencapaian yang berhasil kamu raih. Misalnya, kamu menceritakan tentang pencapaian target sebagai staf marketing sewaktu melamar pada bidang pekerjaan yang sama.
  • Keterampilan: sebagai seorang yang berpengalaman, sudah sepatutnya kamu juga gencar menambah keterampilan baru untuk menyempurnakan kompetensi kerja.
  • Pendidikan: elemen penting yang satu ini tetap harus dicantumkan meskipun tim rekruter biasanya lebih memperhatikan pengalaman kerjamu yang relevan.

Meyakinkan Rekruter Bila Ingin Berganti Bidang Pekerjaan

Jangan minder bila kamu berencana berganti bidang pekerjaan dengan melamar pekerjaan baru. Beberapa elemen penting dalam CV ini patut kamu cantumkan sebagai bahan pertimbangan rekruter:

  • Keterampilan yang relevan: peluang diterima kerja bisa meningkat jika kamu punya keterampilan yang relevan. Misalnya, kamu hobi mengulik bahasa pemrograman sehingga mampu menyelesaikan pekerjaan bidang IT walaupun selama ini baru memiliki pengalaman kerja di bidang marketing.
  • Pengalaman kerja: tak jadi masalah bila pengalaman kerjamu tidak berhubungan dengan bidang pekerjaan yang kamu lamar. Sebab pengalaman tersebut justru menggambarkan bahwa kamu mahir beradaptasi.
  • Pendidikan: kesempatan memperoleh pekerjaan baru juga akan semakin besar jika kamu punya latar belakang pendidikan yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut. Contohnya, seorang lulusan DKV mudah diterima kerja sebagai desainer grafis walaupun punya pengalaman kerja sebagai staf HRD.

Semoga kamu semakin teliti menyertakan elemen penting dalam CV sehingga bisa lekas memperoleh pekerjaan baru yang kamu butuhkan, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here