Kenali Indikator Produktivitas Kerja serta Faktor yang Memengaruhinya

Indikator produktivitas kerja sangat penting diperhatikan demi tercapainya kerja yang efektif dan efisien. Produktivitas seseorang secara langsung juga menentukan kualitas kerjanya sepanjang berkarier. Tujuan kerja bisa dicapai dengan produktivitas yang baik.

Nah, sudahkah kamu tahu apa saja sih komponen dalam indikator produktivitas kerja? Agar lebih mudah memahaminya, yuk sama-sama pelajari hal berikut ini. Siapa tahu dapat bermanfaat meningkatkan kinerjamu di kantor.

Pentingnya Produktivitas dalam Bekerja

Produktivitas kerja menjadi kunci penting mencapai banyak target dalam pekerjaan. Bayangkan, apa jadinya jika kamu asal-asalan bekerja sepanjang hari? Tanpa adanya produktivitas positif, pekerjaan justru banyak terbengkalai.

Menjadi produktif tentu butuh usaha. Orang yang seharian sibuk mengerjakan banyak hal belum tentu merupakan orang produktif. Banyak sedikitnya pekerjaan tidak memengaruhi produktivitas, melainkan perlu dicermati bagaimana cara seseorang bekerja.

Indikator Produktivitas Kerja

Untuk mengukur produktivitas kerja, setidaknya ada tiga indikator penting yang bisa dilihat. Tiga hal itu meliputi kuantitas kerja, kualitas kerja, dan ketepatan waktu.

Kuantitas kerja adalah hasil yang mampu dicapai karyawan dalam waktu tertentu dan dibandingkan degan standar yang ditetapkan perusahaan. Namun, kuantitas kerja saja tidak cukup karena sia-sia saja banyak bekerja jika hasilnya tak maksimal. Itu sebabnya, perlu diikuti dengan kualitas.

Kualitas kerja berhubungan dengan mutu output yang dihasilkan karyawan. Dari sini perusahaan bisa lihat sejauh mana kualitas dan kemampuan yang dimiliki masing-masing karyawan. Jika karyawan sudah bisa produktif bekerja sebaik mungkin, hasilnya pun pasti terlihat pada kinerjanya.

Sementara, ketepatan waktu merujuk pada tingkat aktivitas dapat diselesaikan dalam waktu yang sudah ditentukan. Indikator ketiga ini dapat menggambarkan cara karyawan mengelola waktu saat bekerja, sudahkah efektif atau justru masih jauh dari efisien.

Baca Juga: Productivity Hack yang akan Mendukung Ketuntasan Kerja Anda

Faktor yang Berpengaruh

Indikator produktivitas kerja sebenarnya dipengaruhi beberapa faktor. Misalnya, tingkat keterampilan orang yang berbeda-beda, hubungan antaranggota tim, dan manajemen produktivitas. Itu sebabnya, tidak semua karyawan mampu menunjukkan performa produktivitas yang baik.

Karyawan yang punya keterampilan atau skill lebih banyak jelas punya peluang besar untuk lebih produktif. Begitu pula jika karyawan tersebut sudah mampu mengelola waktu di tengah banyaknya pekerjaan. Dorongan positif atau kepeduliaan atasan terhadap bawahan juga sangat memengaruhi tingkat produktivitas karyawan.

Gunakan indikator produktivitas kerja untuk mengevaluasi kinerjamu selama ini. Sudahkah kamu cukup produktif atau jangan-jangan hanya sibuk semata?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here