Sudah Tahu Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan? Ini Penjelasannya…

Manfaat donor darah sangatlah luar biasa. Tidak hanya membuat kamu merasa baik untuk menyumbangkan darah kepada seseorang yang membutuhkan tambahan darah, tapi juga berpengaruh positif bagi kesehatanmu. Namun, kebanyakan orang masih belum memikirkan manfaat kesehatan dari donor darah. Melainkan, hanya memikirkan manfaat emosional.

Faktanya, donasi darah bermanfaat baik untuk si pendonor maupun si penerima. Ya, bagi si pendonor, kegiatan mendonorkan darah bisa meningkatkan keadaan mental dan emosionalnya. Ia akan merasa bahagia karena telah membantu orang lain.

Nah, selain manfaat kesehatan mental, bagaimana dengan manfaat kesehatan lainnya bagi si pendonor?

Penyakit jantung

Manfaat donor darah dapat membantu menurunkan kemungkinan terkena penyakit jantung. Ketika seseorang mendapat darah yang diambil dari tubuhnya, itu mengurangi viskositas darah yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung.

Penelitian telah menemukan bahwa peserta yang secara teratur menyumbangkan darah memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah yang membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Waspadai 5 Tanda Gula Darah Kamu Tinggi Meski Bukan Diabetes

Hemochromatosis

Hemochromatosis adalah penyakit yang disebabkan oleh terlalu banyak zat besi. Ketika ada terlalu banyak zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh menjadi beracun, meracuni organ dan menyebabkan kegagalan organ.

Donor darah rutin telah menemukan pengurangan risiko hemochromatosis karena membantu mengurangi kadar zat besi dalam tubuh.

Kanker

Pengurangan risiko terkena kanker terkait dengan donor darah. Ketika menyumbangkan darah, persediaan zat besi di dalam tubuh dipertahankan pada tingkat yang sehat.

Ketika kadar zat besi berkurang itu juga membantu risiko kanker menjadi rendah.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat donor darah juga bisa menurunkan berat badan. Bagi siapa saja yang mengalami obesitas, kelebihan berat badan, risiko penyakit kardiovaskular atau kondisi kesehatan terkait lainnya, ada baiknya untuk mulai menyumbangkan darah.

Ketika mendonorkan darah, darah kamu harus diperiksa dan menjalani pemeriksaan kesehatan. Ini bermanfaat karena akan memungkinkan kamu untuk memeriksa darah dan semua informasi kesehatan terkait.

Tenaga kesehatan terlatih akan memeriksa denyut nadi, tekanan darah, suhu tubuh dan kadar hemoglobin sehingga kamu bisa mengecek apakah kamu dalam keadaan sehat. Tes donor darah juga akan mendeteksi masalah seperti kondisi medis yang mendasari atau risiko untuk kondisi medis tertentu.

Nah, ada banyak kan manfaat donor darah. Donasi darah bermanfaat baik untuk donor maupun penerima. Dengan menyumbang darah, donor dapat memperoleh manfaat secara fisik dan emosional. Mereka bisa memeriksakan darah mereka untuk tingkat kesehatan yang berbeda dan melihat apakah mereka sehat dan bugar. Yuk, donorkan darahmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here