Mitos di Dunia Kerja yang Jarang Terjadi di Karier Kamu, Ya Nggak?

Mitos di dunia kerja dulu tampak indah saat kamu duduk di bangku kuliah. Bekerja terasa menyenangkan karena terkesan bisa menghasilkan uang sendiri dan bebas menggunakannya. Hal yang sangat dinilai istimewa di mata mahasiswa yang kerap memiliki uang saku mepet.

Namun, gambaran keindahan dunia kerja mendadak bisa luntur setelah kamu benar-benar terjun berkarier. Berikut mitos di dunia kerja yang nyatanya justru jarang terjadi di hidupmu. Simak ya!

Mitos di Dunia Kerja Paling Populer: Work Life Balance

Punya penghasilan sendiri menjadikan seseorang lebih bebas dalam membelanjakannya. Tidak perlu lagi begadang belajar layaknya mahasiswa dan sekilas lebih punya banyak waktu luang. Orang-orang sering menyebutnya work life balance.

Kenyataannya, work life balance hampir tidak mungkin terjadi di kehidupan karyawan kebanyakan. Lembur kerja dengan tekanan pekerjaan tinggi justru sering menjadi “kawan” bagi para karyawan.

Jadi, butuh manajemen waktu serta pengelolaan emosi yang cukup baik demi bisa mewujudkan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Tidak Perlu Bawa Pekerjaan setelah Pulang

Mitos di dunia kerja berikutnya adalah pulang ke rumah dengan tenang. Padahal, cukup banyak pula karyawan yang harus rela membawa pekerjaan setelah pulang karena tak kunjung selesai dikerjakan di kantor. Ngaku deh, hal ini juga pernah terjadi kepadamu kan?

Bukan hanya membawa pulang beberapa pekerjaan, terkadang ada kalanya private time kamu di rumah juga terganggu oleh urusan kantor. Entah itu harus membalas email, menjawab chat dari atasan, hingga kadang debat kusir dengan klien. Kalau begini sih, sama saja pulang ke rumah dengan segudang pekerjaan.

Baca Juga: 5 Pengaruh Besar Pekerjaan Pertama bagi Perjalanan Kariermu

Kinerja Baik, Promosi Pun Cepat. Kadang Ini Hanya Mitos di Dunia Kerja Belaka

Masalah promosi jabatan pun terkadang banyak mitosnya. Karyawan yang berbakat, cekatan, dan punya catatan kerja baik tidak serta merta menjadikannya mudah mendapatkan promosi jabatan loh. Banyak faktor eksternal lain yang membuat karyawan tersebut justru tidak berkembang.

Salah satu yang paling dominan biasanya karena adanya sikap atasan yang cenderung subjektif. Pekerjaanmu sangat bagus, tetapi atasanmu kurang menyukaimu secara personal. Mau tidak mau, rasa tidak suka ini bisa menjadi bumerang untuk kariermu.

Kira-kira masih ada lagi nggak mitos di dunia kerja yang kamu tahu? Semoga hal-hal baik bukan sekadar mitos dan bisa diwujudkan ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here