5 Sumber Pendapatan Tambahan Desain Grafis agar Tabungan Bertambah

Pekerjaan di bidang desain grafis kini semakin dibutuhkan di zaman modern. Semua bidang bisnis membutuhkan desain untuk mendukung brand awareness secara maksimal. Itulah sebabnya, generasi muda mesti jeli memanfaatkan peluang dengan membidik berbagai sumber pendapatan tambahan desain grafis.

Kalau kamu berprofesi sebagai desainer grafis, ulasan informasi tentang sumber pendapatan tambahan desain grafis berikut ini tentu sangat bermanfaat untukmu:

Menjual Jasa Desain

Sumber pendapatan tambahan desain grafis ini termasuk yang paling umum dan paling sering dimanfaatkan para desainer grafis. Sekarang, banyak website marketplace yang menjadi perantara bagi para pencari dan penyedia jasa desain grafis freelance.

Kamu hanya perlu membuat akun pada marketplace tersebut. Jangan lupa melengkapi profil dengan teliti supaya peluang mendapatkan pekerjaan freelance semakin besar.

Menjadi Kontributor Microstock

Pendapatan tambahan desain grafis juga bisa diperoleh dengan menjadi kontributor microstock. Hasil desain yang kamu buat dan kamu unggah di website microstock akan dibanderol dengan harga tertentu.

Pekerjaan sampingan ini bersifat sangat fleksibel karena kamu bisa membuat danĀ  mengunggah hasil karya di waktu senggang. Kalau kamu melakukannya secara rutin, niscaya pendapatan sampinganmu akan semakin besar.

Baca Juga: Alih Profesi Jadi Freelancer Butuh Konsistensi dan Persiapan Matang

Mengikuti Sayembara Desain Online

Marketplace bagi freelancer biasanya juga memfasilitasi sayembara desain bagi para desainer grafis. Selain menunggu orang yang ingin menggunakan jasa freelance-mu, kamu juga bisa proaktif mengikuti sayembara desain online di sela-sela waktu luang.

Pada awal karier sebagai desainer grafis, mengikuti lomba desain adalah salah satu cara terbaik untuk mengasah kemampuan dan imajinasi. Dengan demikian, kamu bisa memperbaiki kekurangan desainmu secara perlahan-lahan hingga kamu jadi semakin profesional.

Merintis Bisnis yang Berhubungan dengan Desain

Passion di bidang desain adalah awal yang tepat untuk merintis bisnis di bidang tersebut. Misalnya, kamu bisa merintis bisnis desain kaos distro jika ada peluang besar di depan mata. Kamu tak perlu repot-repot menyewa desainer grafis saat baru memulai bisnis karena kamu bisa melakukannya secara mandiri.

Pendapatan tambahan desain grafis yang satu ini bahkan berpotensi lebih besar daripada gaji bulanan kalau kamu menjalaninya secara serius.

Membidik Peluang Menjadi Konten Kreator

Kemampuan desain yang mumpuni juga mesti dimanfaatkan sebagai bekal awal profesi konten kreator. Sumber pendapatan tambahan desain grafis yang satu ini sangat diminati dan bersifat dinamis. Kamu bisa membagikan tips-tips seputar dunia desain atau gaya hidup yang dikemas dengan konsep audio visual menarik. Jika followers kamu terus bertambah, kemungkinan besa kamu bisa menjadi influencer populer di media sosial.

Di antara kelima pilihan sumber pendapatan tambahan desain grafis tersebut, manakah yang jadi pilihanmu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here