Mengenal Ragam Penyebab Kegagalan Startup, Jangan Terulang!

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan startup paling pesat di dunia. Kendati demikian, tak sedikit pula startup yang akhirnya gulung tikar. Penyebab kegagalan startup tersebut beragam. Hanya startup yang kuat dan futuristik yang bisa berkembang.

Itulah sebabnya mempelajari beberapa penyebab kegagalan startup berikut ini menjadi penting agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Produknya Tidak Berorientasi pada Kebutuhan Pengguna

Teknologi yang kian canggih memang mendukung para penggiat startup untuk menghadirkan produk-produk terbaru. Namun, produk tersebut sering kali tidak berorientasi pada kebutuhan pengguna.

Perkembangan teknologi yang masuk ke ranah sehari-hari memang tidak dapat dipaksakan. Jadi, suatu startup harus mampu berorientasi pada kebutuhan pengguna daripada mengejar teknologi semata.

Kehabisan Dana di Tengah Jalan

Penyebab kegagalan startup yang satu ini memang sering terjadi. Karena dana adalah modal utama untuk mewujudkan idealisme suatu startup. Berharap mendapatkan bantuan dana dalam jumlah besar dari investor memang boleh-boleh saja.

Namun, hal tersebut tak boleh jadi patokan utama dan satu-satunya dalam pengembangan startup. Para penggiat startup harus mampu mengusahakan sumber dana secara realistis untuk mendukung pertumbuhan startup.

Tidak Memperhitungkan Kehadiran Kompetitor

Keberadaan kompetitor juga tak boleh diabaikan oleh para penggiat startup. Justru kehadiran kompetitor membuat Anda harus belajar lebih banyak hal agar tidak tertinggal.

Penyebab kegagalan startup biasanya juga berasal dari kelengahan para penggiatnya dalam menyikapi kehadiran kompetitor. Akhirnya, kompetitor berhasil menguasai pangsa pasar dan menghadirkan produk yang dibutuhkan masyarakat.

Baca Juga: Mau Mendirikan Startup? Ketahui Dulu 3H “The Dream Team” Startup

Gagal Melakukan Kolaborasi Tim

Kolaborasi adalah salah satu kunci kesuksesan startup. Bila startup Anda terdiri dari orang-orang yang tepat, maka kolaborasi tersebut akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Gabungan ide-ide kreatif dari beberapa orang bisa memperbaiki kekurangan produk startup.

Itulah sebabnya, startup harus mendapatkan dukungan penuh dari anggota tim yang satu visi misi. Sehingga risiko kegagalan startup dapat diminimalkan.

Harga yang Tak Sesuai dengan Ekspektasi Pasar

Penyebab kegagalan startup yang tak kalah masif adalah kekeliruan menentukan harga produk. Apalagi bila ada kompetitor sejenis yang mampu menawarkan harga miring. Suatu startup harus melakukan riset detail sebelum menentukan harga produknya. Supaya harga produk tersebut tidak terlalu jauh melampaui ekspektasi pasar. Harga yang bersahabat akan membuat banyak orang tergugah untuk mencoba produk tersebut.

Sepatutnya lima penyebab kegagalan startup tersebut menjadi pembelajaran berharga bagi para pelaku startup di tanah air. Jadi, jangan takut memulai startup asalkan Anda sudah tahu cara mengatasi kelemahannya secara efektif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here