5 Penyebab Susah Tidur yang Tanpa Sadar Sering Kamu Lakukan

Banyak kebiasaan yang menjadi penyebab susah tidur. Sayangnya, tidak semua orang sadar bahwa pola tidur yang salah bisa diawali dari kebiasaan yang sepele. Alhasil, sangat jarang orang bisa memiliki waktu tidur yang berkualitas setiap malam.

Beberapa hal sederhana ini kerap menjadi penyebab susah tidur. Kamu mungkin tanpa sadar juga sering melakukannya sehari-hari loh.

Bermain Gadget sebelum Tidur

Gadget menjadi penyumbang besar penyebab susah tidur bagi kebanyakan orang. Sementara, kebanyakan orang justru tidak bisa lepas dari gadget, bahkan sebelum tidur. Apakah kamu juga salah satunya?

Semakin lama kamu memainkan gadget saat sudah di atas kasur, maka semakin besar pula potensi sulit tidur. Kamu bisa mengganti kebiasaan ini dengan hal lain, misalnya membaca buku. Rutin membaca buku di malam hari justru membantu tidurmu lebih nyenyak.

Tidak Memerhatikan Jam Makan Malam

Usahakan untuk memiliki jam makan malam yang tidak terlampau larut. Kamu seharusnya tidur minimal tiga jam setelah makan. Tidur dengan kondisi perut terlalu penuh justru menjadi penyebab susah tidur.

Hindari juga makan camilan terlalu sering di malam hari. Kekenyangan di malam hari dapat menghambat proses metabolism saat kamu tidur. Jadi, perhatikan jam makan dengan benar agar kamu bisa tidur nyenyak.

Baca Juga: Waspada! 5 Penyebab Insomnia yang Merusak Kualitas Tidur

Banyak Mengonsumsi Minuman Berkafein

Bekerja hingga larut malam membuatmu butuh energi ekstra untuk bertahan fokus. Mengonsumsi kopi tidak jarang menjadi pilihan terbaik untuk lembur kerja. Sayangnya, efek dari kafein yang ada di minuman kopi justru berbahaya untuk waktu tidurmu.

Terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein menjadikanmu sangat rentan insomnia. Matamu akan sulit terpejam meski badanmu sudah jelas lelah. Alhasil, kamu bisa terjaga sepanjang malam dan waktu tidurmu pun makin pendek.

Membiarkan Lampu Kamar Menyala

Apakah kamu terbiasa menyalakan lampu kamar saat tidur? Ternyata kondisi lampu yang menyala menjadi penyebab susah tidur loh. Suasana kamar yang terlalu terang justru membuat tidurmu tidak nyenyak.

Kamu akan lebih lelap tidur jika mematikan lampur kamar. Kondisi ruangan yang gelap membantu matamu mudah terpejam, apalagi jika benar-benar sudah lelah. Coba mulai sekarang biasakan untuk mengkondisikan kamar lebih redup saat tidur.

Begadang hingga Larut Malam

Penyebab yang terakhir ini pasti sering dialami semua orang. Begadang atau lembur hingga larut malam jelas membuat seseorang makin sulit tidur. Pasalnya, tubuh sudah terbiasa makin terjaga di jam-jam tidur yang seharusnya sudah istirahat.

Meski kamu sudah merasa lelah dan mengantuk, ada kalanya begadang membuatmu makin susah memejamkan mata. Pikiranmu tidak tenang karena terlalu banyak digunakan untuk bekerja lebih dari delapan jam. Kalau pun akhirnya kamu bisa tidur, hampir dipastikan tidurmu sangat singkat dan tidak berkualitas.

Yuk, belajar untuk memerhatikan pola dan jam tidur yang baik! Kesehatan badanmu juga tergantung bagaimana kebiasaan tidurmu sehari-hari loh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here