Kenali Penyebabnya, 5 Hal Ini Mengakibatkan Tim Gagal Bekerjasama

Kerjasama tim jelas penting dalam sebuah perusahaan. Kerjasama tim bahkan lebih penting dari keberadaan skill dan finansial. Namun, seringkali sebuah tim tidak bisa bekerjasama dengan baik. Untuk itu, kamu harus mengetahui apa penyebab kegagalan kerjasama yang bisa terjadi dalam sebuah tim kerja.

Sebuah tim terdiri dari para karyawan yang memiliki keinginan, kekurangan dan kelebihan yang berbeda. Hal-hal tersebut biasanya menjadi dasar perbedaan yang menyebabkan sebuah tim gagal bekerjasama.

Sebuah tim yang tidak bisa bekerjasama dengan baik akan kehilangan inovasi, efektivitas dan efesiensi kerja. Hal ini bisa berpengaruh pada produktifitas dan kinerja.

Selain itu, perusahaan kehilangan cara yang efektif dalam memberikan informasi dan pembelajaran, sehingga budaya kerja pun menjadi luntur. Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kegagalan kerjasama dalam sebuah tim:

Hilangnya Kepercayaan: Sebab Utama Kegagalan Tim

Sebuah tim kerja membutuhkan rasa saling percaya antara para anggotanya. Kepercayaan datang dari kejujuran dan keterbukaan. Seringkali, seorang karyawan tidak mau mengakui kesalahan yang sudah dilakukannya atau kelemahan yang dimilikinya. Untuk itu, semua anggota tim hendaknya mau mengakui keterbatasan yang dimilikinya.

Menghindari Konflik

Perbedaan yang berujung konflik bisa terjadi diantara anggota tim. Apalagi jika sudah ada rasa tidak percaya sebelumnya. Namun, sebuah konflik tetap harus dihadapi. Hanya saja, selesaikan setiap konflik dengan cara yang bijak. Salah satunya, dengan keterbukaan dan melakukan diskusi yang produktif dan rasional.

Baca Juga: Hal-Hal yang Diinginkan Atasan dari Para Anggota Tim Kerja di Perusahaan

Kerjasama Tim Gagal karena Hilangnya Komitmen

Berakhirnya konflik biasanya ditandai dengan adanya pengambilan keputusan dan penerapan aturan. Hanya saja, apakah setiap karyawan memiliki komitmen untuk menjalankan keputusan dan aturan tersebut? Untuk itu, kamu harus memastikannya, karena hilangnya komitmen bisa menjadi penyebab kegagalan kerjasama dalam sebuah tim.

Tidak Adanya Rasa Tanggung Jawab

Jika komitmen sudah memudar, maka rasa tanggung jawab akan mudah hilang. Setiap karyawan akhirnya enggan untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas-tugasnya dengan baik. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa memperjelas aturan yang ada, mereview progres pekerjaan atau memberikan reward.

Menghiraukan Tujuan Bersama

Kalau rasa tanggung jawab sudah tidak ada, maka setiap anggota tim akan mudah menghiraukan visi dan misi yang dimiliki. Jika ini terjadi, maka tim tersebut sudah gagal bekerjasama.

Oleh karena itu, penting artinya untuk memupuk kepercayaan, menyelesaikan konflik, berkomitmen dan memiliki rasa tanggung jawab. Hal-hal tersebut diperlukan agar kegagalan tidak terjadi dan kerjasama tim bisa berjalan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here