Tugas Public Relation yang Perlu Kamu Tahu. Tertarik Berkarier di Sini?

Tidak banyak orang paham akan tugas Public Relation di sebuah perusahaan. Pekerjaan ini sendiri cukup banyak diminati dan sangat dibutuhkan. Selain harus pandai berkomunikasi, ternyata profesi ini juga menuntut banyak soft skill mumpuni.

Lalu, apa saja sih tugas seorang Public Relation? Karena perannya cukup vital dalam perusahaan, ada baiknya kamu kenali garis besar tugas-tugasnya. Simak baik-baik ya, terutama bagi kamu yang ingin berkarier di bidang ini!

Menjaga Hubungan dengan Banyak Pihak

Tugas Public Relation yang utama adalah menjalin hubungan dengan beberapa pihak terkait. Pihak-pihak yang berdekatan dengan perusahaan antara lain pers, pemerintah, hingga internal perusahaan.

Bisa dibilang PR ini merupakan garda alias gerbang pembuka komunikasi antara perusahaan dan pihak lain. Tentu saja butuh strategi pendekatan yang baik agar hubungan dengan banyak pihak tetap harmonis. Bahkan, terlebih saat ada berita sumbang tentang perusahaan.

Menangani Reputation dan Crisis Management

Perusahaan sangat butuh menjaga reputasi di tengah-tengah masyarakat. Ini juga merupakan bagian dari tugas Public Relation. Reputasi itu sendiri dapat dibangun melalui banya media, seperti newsletter, media sosial, dan channel lain.

Selain itu, lagi-lagi PR harus menjadi garda terdepan dalam menangani pemberitaan negatif yang ditujukan pada perusahaan. Bukan hanya hebat berkomunikasi, PR sangat butuh mental kuat dalam menghadapi krisis perusahaan. Nama baik dan citra perusahaan sebisa mungkin harus lekas dikembalikan saat ada masalah.

Baca Juga: Art Block: Hambatan Pekerja Kreatif dan Cara Jitu Mengatasinya

Membuat Tulisan

Mahir berkomunikasi secara verbal memang harus dimiliki seorang Public Relation. Namun, kemampuan komunikasi non verbal juga sama pentingnya. Maklum, PR juga bertanggung jawab membuat tulisan tentang perusahaan.

Tulisan tersebut biasanya berbentuk press release, teks pidato untuk suatu acara, hingga menyusun copywriting. Setiap kalimat yang dibentuk haruslah mencerminkan citra perusahaan. Itu sebabnya, kemampuan menulis mutlak dimiliki bagi mereka yang bekerja sebagai PR.

Dari beberapa tugas Public Relation di atas, apakah kamu mulai tertarik berkarier di bidang ini? Tentunya belajar menjadi PR akan semakin lebih mudah jika kelak kamu benar-benar terjun di dalamnya ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here