Harus Kerja Bareng Mantan di Kantor? Jangan Pesimis dan Malu Dulu!

31
kerja bareng mantan
Sumber : Career Addict

Mengapa ada perusahaan yang tidak memperbolehkan karyawannya memiliki hubungan asmara? Mungkin ini salah satu alasannya. Ketika hubungan tersebut tidak berakhir bahagia, kemungkinan besar hubungan kerja akan terkena imbasnya. Karyawan yang putus cinta dengan sesama karyawan bisa mengalami gangguan produktivitas. Karena kerja bareng mantan pasti menimbulkan rasa canggung dan tidak menyenangkan.

Jangan Pesimis Dulu Jika Anda Termasuk Karyawan yang Harus Kerja Bareng Mantan di Kantor

Sebenarnya, Anda tetap bisa bertindak profesional dan mengesampingkan hubungan cinta yang baru kandas seperti berikut.

Memberikan Waktu untuk Diri Sendiri

Sumber : Kompasiana

Sesaat setelah baru putus cinta, kemungkinan besar Anda akan merasa tak nyaman dan agak stres. Hal ini memang wajar karena Anda harus menyesuaikan diri dengan status yang baru. Cobalah untuk menenangkan waktu dan memiliki me time pasca putus cinta. Sehingga, suasana hati Anda lekas membaik dan Anda bisa kembali produktif saat bekerja.

Baca Juga: Tak Perlu Bersembunyi, Hadapi secara Santai Ketika Berpapasan dengan Mantan

Cobalah untuk Terlihat Rileks

Sumber : The Spruce

Kalau Anda terlihat sedih atau bad mood, kemungkinan besar rekan-rekan kerja Anda akan mempertanyakannya. Bukan hanya itu, hubungan dengan mantan pun akan semakin canggung. Memutuskan untuk tetap kerja bareng mantan berarti mengharuskan Anda untuk tetap rileks. Tenangkan diri supaya tetap berpikir jernih. Sehingga, seluruh pekerjaan di kantor pun dapat diselesaikan dengan baik.

Selalu Fokus pada Pekerjaan

Sumber : HR in Asia

Saat berada di kantor, Anda harus mulai fokus pada pekerjaan. Lupakan sejenak urusan kerja bareng mantan yang bikin Anda tidak nyaman. Karena belum tentu Anda harus selalu berhubungan langsung dengannya di tempat kerja. Kalau Anda selalu fokus mengurus pekerjaan, niscaya Anda tak akan merasa terbebani dengan status baru yang kini ada pada Anda.

Melibatkan Rekan Kerja Lain

Sumber : List Crux

Kerja bareng mantan berduaan saja sudah pasti bikin Anda malas dan bad mood. Untuk menyiasatinya, cobalah melibatkan rekan kerja lain yang masih satu tim dengan Anda. Kemungkinan besar Anda akan merasa lebih nyaman dan bisa tetap profesional. Karena banyak hal yang bisa dibahas bersama rekan-rekan kerja yang lain.

Hindari Fasilitas Kantor untuk Urusan Pribadi

Sumber : Shutterstock

Anda harus bersikap profesional ketika kerja bareng mantan di kantor. Jangan menggunakan fasilitas kantor untuk urusan pribadi, misalnya berkomunikasi email kantor membahas masalah asmara yang belum selesai. Alangkah lebih baik jika Anda menghindari pembicaraan yang bersifat pribadi selama jam kerja. Hal ini juga penting untuk menjaga mood sewaktu menyelesaikan pekerjaan.

Apakah Anda punya pengalaman kerja bareng mantan yang tak terlupakan?

Sebagai orang dewasa yang berdedikasi pada pekerjaan, sudah sepatutnya jika Anda mengutamakan profesionalitas. Jadilah contoh yang baik untuk menunjukkan bahwa Anda berkepala dingin dan bekerja sama dengan mantan.

Beri komentar Anda tentang artikel ini