Standing Desk: Bekerja Sambil Berdiri Bikin Kamu Lebih Produktif Lho

Hampir semua karyawan menyelesaikan pekerjaannya di kantor sambil duduk. Namun, terlalu banyak duduk sebenarnya bisa mengganggu kesehatan. Standing desk bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini.

Standing desk merupakan meja kerja yang didesain sedemikian rupa sehingga penggunanya harus berdiri saat menggunakannya. Di atas meja, penggunanya bisa meletakkan perangkat komputer, laptop atau perangkat lain yang biasanya ditempatkan di meja kerja biasa.

Manfaat Standing Desk bagi Kesehatan

Tahukah kamu, kalau kamu banyaksekali menghabiskan waktu untuk duduk? Di perjalanan ke kantor, kamu duduk di jok mobil, sepeda motor atau di atas transportasi umum. Di kantor kamu duduk. Saat makan atau menonton televisi di rumah, kamu juga duduk.

Sementara, para ahli kesehatan telah banyak mempelajari bahwa terlalu banyak duduk memberikan efek negatif bagi kesehatan. Mulai dari menyebabkan sakit pada otot dan tulang leher serta punggung, hingga memperbesar peluang munculnya penyakit jantung, stroke dan kanker.

Di sisi lain, efek negatif dari terlalu banyak duduk tidak mudah diperbaiki dengan olahraga. Bahkan jika olahraga dilakukan secara berlebihan.

Dengan menggunakan standing desk di kantor, kamu bisa mengurangi kegiatan bekerja sambil duduk. Sehingga kamu mengurangi efek negatif terlalu banyak duduk bagi kesehatan. Sementara itu, sebagian pendapat menyatakan, lebih banyak berdiri akan memperlambat proses penuaan seseorang.

Baca Juga: Tips Mengatasi Mata Lelah Akibat Seharian Duduk di depan Komputer

Manfaatnya bagi Produktivitas

Menggunakan standing desk dipercaya bisa meningkatkan kemampuan otak. Pasalnya, bekerja dalam keadaan berdiri memperlancar sirkulasi oksigen dan nutrisi ke otak. Jika kemampuan otak meningkat, maka kreativitas akan muncul. Bekerja dengan berdiri juga meningkatkan fokus. Jika karyawan fokus maka pekerjaan bisa diselesaikan dengan lebih efisien.

Bekerja dengan duduk memperbesar kemungkinan seseorang menjadi tidak nyaman. Hal ini bisa dihilangkan dengan bekerja sambil berdiri. Rasa nyaman dalam bekerja akan meningkatkan produktivitas. Bekerja sambil berdiri juga mengurangi rasa sakit pada pinggang, punggung dan leher yang biasanya terjadi kalau seseorang terlalu lama bekerja dengan duduk. Selain itu, bekerja sambil berdiri juga meningkatkan energi.

Nah, kalau kantormu sudah menyediakan standing desk untuk karyawannya, ada baiknya kamu menggunakannya. Namun, bukan berarti kamu harus selalu menggunakannya. Pasalnya, berdiri terlalu lama juga bisa menyebabkan rasa sakit pada persendian.

Kalau kantormu belum menyediakan standing desk, kamu tetap bisa menjaga kesehatan dengan cara banyak bergerak atau berjalan di kantor. Meski demikian, itu bukan berarti kamu bisa memperbanyak duduk di rumah lho.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here