Jangan Sampai Punya Musuh di Kantor, Ini Nih Kerugiannya!

Hubungan dengan orang lain memang tak selalu berjalan mulus. Semakin tinggi intensitas bertemu, maka kemungkinan mengalami perselisihan pun makin besar. Salah satu hal yang cukup sulit dihindari seseorang adalah punya musuh di kantor.

Perbedaan pendapat, persaingan kerja, atau pemicu lainnya memang rentan membuatmu punya musuh di kantor. Namun, sebaiknya hal tersebut tidak dibiarkan begitu saja karena dapat menimbulkan beberapa kerugian ini:

Diri Sendiri Menjadi Tak Nyaman

Tak dapat dipungkiri kalau punya musuh di kantor bisa membuat dirimu sendiri merasa tak nyaman. Meskipun kamu bisa berkata bahwa kamu baik-baik saja, pada akhirnya kamu jadi kurang leluasa ketika bekerja. Kamu pasti merasa khawatir bila harus beraktivitas bersama orang yang tidak kamu sukai. Rasa canggung pun rentan mengganggu hasil kerjamu.

Kinerja Tim Terganggu

Masalah lainnya yang bisa muncul jika kamu punya musuh di kantor adalah kinerja tim terganggu. Beraktivitas di kantor bersama musuh pasti membuatmu jadi tidak leluasa berkomunikasi. Jangankan berkomunikasi, lihat sosoknya saja pasti sudah malas.

Hal ini bahkan bisa semakin parah bila ternyata orang yang kamu musuhi adalah rekan kerja satu tim. Ide-ide kreatif dan penyelesaian kerja sulit diwujudkan kalau kamu hanya fokus pada rasa kesal.

Baca Juga: Membantu Pekerjaan Rekan Kerja Bisa Berdampak Buruk bagi Kariermu

Kesempatan Belajar Hal-Hal Baru Semakin Kecil

Semua orang pasti punya kelebihan, termasuk orang yang membuatmu kesal di kantor. Itulah sebabnya, punya musuh di kantor mendatangkan banyak kerugian karena kesempatanmu belajar hal-hal baru jadi hilang.

Padahal, kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan profesional bila berhasil mempelajari banyak hal dari orang-orang yang kamu kenal di kantor. Memilih musuh di tempat kerja hanya mendatangkan rasa sungkan dan membuat emosi mudah bergejolak.

Persaingan Kerja Jadi Kurang Sehat

Punya musuh di kantor juga akan membuat persaingan kerja jadi kurang sehat. Ketika sudah membenci, seseorang biasanya akan selalu berprasangka buruk terhadap orang lain. Lebih parahnya lagi, tak sedikit orang yang berusaha menjatuhkan musuh di kantor.

Menyebarkan gosip atau menjelek-jelekkan kinerja musuh bukanlah hal yang bijak dan dewasa. Kalau hal ini terjadi terus-menerus dan dipercaya banyak orang, maka posisi orang yang kamu benci bisa terancam akibat hal-hal yang sebenarnya tidak dia lakukan.

Sebaiknya kamu tidak membiarkan egomu menang hingga kamu punya musuh di kantor. Ingatlah bahwa setiap masalah bisa dibahas baik-baik agar tidak menimbulkan kesalahpahaman yang semakin parah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here