4 Kesalahan Pelamar Kerja Saat Wawancara yang Wajib Dihindari

kesalahan pelamar kerja

Sebagai calon karyawan yang belum memiliki pengalaman, Anda harus mengetahui berbagai hal yang bisa memudahkan Anda untuk diterima perusahaan. Tidak hanya memperhatikan kualitas CV dan surat lamaran kerja saja. Anda juga harus memperhatikan bagaimana sikap yang baik saat mengikuti tes wawancara kerja. Ketahuilah, wawancara kerja ini merupakan sesi paling penting bagi setiap kandidat. Tanpa lolos wawancara kerja, Anda belum tentu bisa masuk dan bekerja di perusahaan yang Anda lamar.

Supaya bisa lolos Anda harus mempersiapkan diri dengan baik. Tak hanya itu, Anda juga harus mempersiapkan materi yang akan keluar dalam wawancara kerja. Belajar tanya jawab dengan teman atau saudara akan mempermudah Anda pada saat sesi wawancara kerja nantinya. Sebagai calon karyawan, Anda harus menghindari beberapa kesalahan yang harus dihindari saat melewati tes wawancara kerja.

Kesalahan Pelamar Kerja yang Harus Dihindari Saat Wawancara

Mengungkapkan Kegugupan yang Dirasakan

gugupIni merupakan kesalahan besar yang harus Anda hindari. Pada dasarnya, perusahaan mengharapkan Anda untuk menjadi orang dewasa yang bisa tenang di bawah tekanan, dan juga mampu menangani situasi stres yang mungkin Anda alami di tempat kerja. Berbicara tentang kegugupan dengan tujuan mendapatkan belas kasihan adalah cara yang salah.

Tidak Cari Tahu Informasi Tentang Perusahaan

informasiKetika Anda mempersiapkan sebuah wawancara, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu informasi terkait dengan perusahaan, tidak terkecuali pimpinan dan pewawancara yang sedang mewawancarai Anda. Perusahaan ingin melihat bahwa Anda mampu memberikan informasi tentang perusahaan dengan benar. Jadi, persiapkan penjelasan yang bagus dan akan membantu Anda mengajukan pertanyaan yang berkualitas.

Jawab Pertanyaan Tanpa Penjelasan Memuaskan

jawab pertanyaanPewawancara tidak mencari jawaban, sebenarnya mereka mencari cerita tentang bagaimana Anda membuat sesuatu yang berdampak besar. Penjelasan yang tidak memuaskan akan menyulitkan Anda untuk masuk perusahaan tersebut.

Tidak Memiliki Pertanyaan Untuk Pewawancara

tidak memiliki pertanyaanPada sesi akhir wawancara akan diberikan kesempatan untuk Anda balik bertanya kepada pewawancara. Sebagian dari calon karyawan enggan untuk melakukannya karena tidak tahu apa yang harus ditanyakan. Padahal, ini akan membantu Anda untuk mendapatkan nilai plus.

Itulah 4 kesalahan pelamar kerja yang sering dilakukan saat wawancara kerja. Ini wajib untuk Anda hindari supaya lolos dalam wawancara tersebut.