Perjalanan Karier akan Lancar Jika Kamu Hindari 5 Kesalahan Ini

Hampir semua pegawai kantoran memikirkan bagaimana cara yang tepat untuk meningkatkan karier. Tetapi penting juga untuk mempertimbangkan apa yang tidak boleh kamu lakukan dalam perjalanan karier. 

Melakukan kesalahan di tempat kerja memang tak terelakkan dalam karier siapapun, tapi kalau terjadi berulang kali maka efeknya akan buruk. Kamu akan mengikis kepercayaan atasan. Untuk itu, kamu harus memahami kesalahan yang sebenarnya mudah dihindari, seperti berikut ini:

Tidak Meminta Cukup Gaji

Melakukan negosiasi gaji memang tidak mudah. Ada orang yang merendahkan diri ketika mengajukan tuntutan kompensasi, dan berpikir perilaku ini hanya akan membuat mereka tampak lebih kompetitif, atau memiliki rasa tidak layak meminta bonus atau gaji. 

Namun, kamu akan merugikan diri sendiri jika tidak meminta gaji yang cukup. Jika kamu dibayar rendah, kamu hanya akan merasa lelah tetapi imbalannya tidak sepadan.

Tapi, jangan asal menyebutkan angka ketika meminta kenaikan gaji. Lakukan riset terkait kompensasi yang sesuai untuk gaji di bidang kerjamu. Kamu sangat berhak mendapatkan kompensasi yang sesuai.

Baca Juga: Ini Pentingnya Mindset Agile Dimiliki Setiap Pribadi dalam Berkarier

Melewati Deadline

Deadline adalah hal yang penting dalam pekerjaan. Meskipun terkadang bekerja melewati deadline bisa dimaklumi, namun kamu tidak boleh membiarkan hal ini terus terjadi.

Kepercayaan sama pentingnya dengan kualitas pekerjaan yang kamu lakukan. Reputasi kamu akan goyah kalau kamu sering bekerja tidak tepat waktu.

Untuk menghindari hal ini, jujurlah ketika menentukan deadline. Jangan hanya menjadi “yes man”, terutama jika kamu merasa tidak mampu. Jadilah proaktif dan minta perpanjangan sebelum waktu berakhir.

Bekerja Sepanjang Waktu

Banyak orang menganggap bahwa bekerja lebih banyak mengesankan kamu adalah orang rajin, sementara saat mengambil cuti adalah tanda kelemahan. Anggapan ini salah.

Jika kamu bekerja terlalu banyak, pada akhirnya kamu akan kelelahan. Sangat baik untuk menjadikan waktu istirahat sebagai prioritas. Jangan pernah memaksakan diri saat bekerja. 

Takut Memperluas Jaringan akan Memengaruhi Perjalanan Karier

Pertumbuhan dan kemajuan karier sebagian besar tentang siapa saja relasi yang kamu kenal. Jadi mengapa begitu banyak profesional berhenti berjejaring?

Banyak profesional tidak lagi memperluas jaringan karena menganggapnya tak lagi penting. Padahal tidak peduli seberapa jauh kariermu, teruslah mencari dan menjaga hubungan profesional dengan teman sebaya, kolega, dan idealnya, seorang mentor juga. 

Baca Juga: Tanpa Disadari, 5 Tanda Ini Kamu Harus Mencari Pekerjaan Baru

Berhenti Belajar Juga Memengaruhi Perjalanan Karier

Sama seperti banyak profesional yang berhenti memperluas jaringan, banyak orang malas belajar seiring kemajuan kariernya. Ketika kamu berhenti belajar, maka karier kamu terancam mandek. Imbasnya, kamu tidak lagi relevan dengan kebutuhan dunia kerja di masa depan. 

Jadilah orang yang selalu ingin tahu. Terus belajar tentang bidangmu. Tinjau kembali dasar-dasarnya, dan tetap mengikuti kemajuan di lapangan. Dengarkan podcast, baca buku, dan ikuti berita dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here