Hindari Kesalahan Ini Saat Kamu Melakukan Networking

Networking mendatangkan banyak keuntungan bagi yang melakukannya. Salah satunya, membuka diri bagi kesempatan atau peluang yang muncul. Kamu juga bisa membantu orang lain dengan kelebihan atau sumber daya yang dimiliki. Namun, seringkali karyawan atau pemilik bisnis melakukan kesalahan saat melakukan networking.

Seringkali kesalahan yang dilakukan saat networking terkesan sepele. Namun jika terjadi, hal tersebut membuat karyawan atau pemilik bisnis tidak mendapatkan keuntungan dari upayanya melakukan networking.

Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan networking yang sebaiknya dihindari.

Terlalu Santai Saat Melakukan Networking

Selain kerjasama yang saling menguntungkan, networking juga berguna untuk mendapatkan atau meminta bantuan. Namun, seringkali seseorang terlalu santai saat mengharapkan bantuan sehingga terkesan tidak menghargai orang yang dimintai bantuannya.

Semisal, berbicara sambil bermain gadget, tidak membawa kartu nama, atau memilih mengirimkan SMS daripada email. Kesalahan networking seperti ini bisa membuatmu kehilangan kesempatan jika kamu melakukannya.

Baca Juga: Tips Networking: 5 Cara agar Relasi Baru Mudah Mengingatmu

Menghabiskan Waktu Orang Lain

Sebuah network seringkali terbentuk di acara atau kegiatan sosial. Namun, itu bukan alasan bagi kamu untuk mendominasi waktu orang lain. Semisal dengan mengajak seseorang bercakap-cakap terlalu lama. Hal ini bisa membuat orang tersebut menjadi tidak nyaman. Kesalahan semacam ini harus dihindari kalau kamu melakukan networking.

Yang sebaiknya dilakukan yaitu, lakukan perkenalan dan jelaskan siapa dirimu. Setelah berbincang sejenak, hubungilah orang tersebut di lain waktu dan lakukan follow-up.

Kesalahan Memerhatikan Waktu Saat Networking

Selain mendominasi waktu, kesalahan lain yang sering dilakukan saat melakukan networking adalah tidak memerhatikan waktu. Jika networking diperlukan untuk meminta bantuan, ada baiknya kamu memperhatikan waktu yang tepat untuk menyampaikan permintaan bantuanmu. Pasalnya, orang yang dimintai bantuan bisa saja sedang sibuk atau bahkan sedang menghadapi masalah.

Hal yang kurang lebih sama juga terjadi jika kamu melakukan networking untuk bekerjasama dengan orang lain.

Lupa Berterima Kasih

Setelah mendapatkan bantuan dari orang lain, ada baiknya kamu mengucapkan terima kasih. Hal ini mencegah adanya kesan kamu memanfaatkan orang lain yang telah memberi bantuan padamu. Selain itu, sampaikan pula perkembangan pekerjaan atau bisnis yang kamu jalankan padanya.

Ada kalanya, seseorang tidak bisa membantu kamu, namun ia bisa memperkenalkan kamu pada orang lain. Jika ini terjadi, jangan lupa pula berterima kasih dan menyampaikan perkembangan pekerjaan atau bisnis pada keduanya.

Dengan menghindari beberapa kesalahan diatas, upayamu melakukan networking bisa sukses. Sehingga kamu mendapatkan keuntungan dari network yang kamu bangun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here