Dipromosikan? Jangan Sampai Membuat Berbagai Kesalahan Setelah Naik Jabatan Berikut

kesalahan setelah naik jabatan
Sumber: tlnt

Mendapatkan kenaikan jabatan adalah sebuah tonggak prestasi yang akan dialami oleh banyak karyawan pada saatnya nanti. Dan meskipun merayakan hal ini adalah sebuah hal yang alamiah. Sayangnya, merupakan hal yang umum juga untuk menjadi korban dari kesalahan setelah naik jabatan yang sering dilakukan oleh beberapa orang. Berikut ini adalah berbagai contoh dari kesalahan yang sering dilakukan oleh para karyawan setelah menerima kenaikan jabatan, dan mengapa Anda harus benar-benar menjauhinya.

Beberapa Kesalahan Setelah Naik Jabatan yang Harus Dihindari

Membiarkan Keahlian Malah Menurun

Mendapatkan kenaikan jabatan berarti akan sering menghabiskan lebih banyak waktu untuk rapat dan semakin jarang mengerjakan hal-hal secara langsung seperti yang biasa Anda lakukan di masa lalu. Namun, jangan sampai menggunakan alasan ini untuk membiarkan keahlian Anda jadi semakin tumpul karena tidak terasah. Ingatlah, kemampuan-kemampuan tersebut mungkin adalah apa yang membuat Anda naik jabatan, jadi waspadalah dengan kesalahan setelah naik jabatan ini. Jika Anda ingin terus-menerus efektif dan berhasil, Anda perlu meluangkan waktu di jadwal Anda untuk mengerjakan tugas-tugas yang sama seperti di masa lalu.

Selain itu, menjaga agar keahlian Anda relevan juga kadang berarti melanjutkan pendidikan atau terus berusaha untuk beradaptasi dengan perubahan-perubahan industri. Anda tentu tidak ingin ketinggalan dari mereka yang secara aktif berusaha untuk terus terdepan.

Baca Juga: Apa yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Berhasil Naik Jabatan di Perusahaan?

Menghabiskan Kenaikan Gaji untuk Foya-Foya

cara cerdas untuk mengatur keuangan
sumber: theasianparent

Sering pula kenaikan gaji mengiringi kenaikan jabatan yang didapat. Anda mungkin tergoda untuk menghabiskan seluruh gaji lebih untuk menyicil mobil baru atau menjalani liburan mewah yang sudah lama Anda idamkan. Namun, jangan sampai melakukan kesalahan setelah naik jabatan ini jika Anda masih punya tanggung jawab lain. Jika Anda sedang membutuhkan tabungan atau sedang berutang, uang ekstra yang Anda teerima harus Anda gunakan untuk membangun safety net pribadi dan menyeimbangkan keuangan Anda. Nantinya, setelah Anda melihat surplus karena gaji baru Anda kini berbeda, tatalah agar sisa tersebut masuk ke tabungan dan dana darurat. Jika semuanya sudah tertangani, barulah gunakan sebagian untuk kemewahan yang Anda idamkan.

Mengira Anda Sudah Tak Pantas Mengerjakan Tugas-Tugas Lama

sombong

Mungkin memang sudah lama sejak Anda terakhir diminta untuk menyelesaikan masalah-masalah kecil dengan sistem manajemen konten perusahaan atau menyelesaikan masalah customer service secara langsung di ponsel. Namun, hanya karena Anda sudah naik jabatan, bukan berarti Anda kini sudah tak mungkin lagi menjalani tugas-tugas yang dulu Anda lakukan ini. Karena itu, jangan sampai Anda berpikir bahwa Anda bisa lepas dari tugas-tugas tersebut. Manajer yang baik adalah seseorang yang mau tangannya kotor, dan jika Anda menunjukkan kepada bawahan Anda bahwa Anda siap membantu, Anda akan jadi semakin mudah mendapatkan rasa hormat dari mereka.

Tidak Mengungkapkannya ketika Anda Sedang Tidak Bahagia

mencuri ide
Sumber : forbes

Mungkin pekerjaan baru Anda setelah naik jabatan sangat membuang stres atau justru Anda terjebak dalam begitu banyak pekerjaan administrasi sehingga Anda tidak ingat kapan terakhir kali Anda menikmati sebuah pekerjaan kreatif. Walaupun mendapatkan kenaikan gaji adalah hal yang secara teori baik, ini juga pada praktiknya bisa membuat Anda merasa begitu menderita. Jadi, jika Anda tidak merasa tenang atau puas dengan apa yang Anda alami atau rasakan setelah mendapatkan kenaikan jabatan, maka katakanlah sesuatu. Merupakan yang terbaik pula bagi perusahaan untuk memastikan bahwa semua karyawannya merasa tenang dan puas, jadi jangan biarkan rasa takut Anda seolah terlihat tidak bersyukur dan membuat Anda jadi tak mau mengungkapkan isi hati Anda.

Menghindari kesalahan setelah naik jabatan di atas akan membuat Anda menjadi lebih menikmati pekerjaan Anda yang baru, dan berakibat pada meningkatnya produktivitas serta kebahagiaan Anda.