Sikap Karyawan Baru yang Ini Sebaiknya Tidak Kamu Tiru

Sebagai karyawan baru, kamu tentunya harus menjaga sikap. Pasalnya, perusahaan yang baru pasti punya suasana kerja yang berbeda dengan perusahaanmu sebelumnya. Untuk yang belum pernah bekerja, perusahaan baru menjadi tempat kamu bisa mendapatkan pengalaman dan mempelajari banyak hal baru.

Di sisi lain, sikap negatif karyawan baru seringkali membuat karir atau pekerjaannya terganggu. Padahal, kesalahan yang dilakukannya cukup sepele. Berikut ini beberapa sikap karyawan baru yang sebaiknya dihindari.

Tidak Menghiraukan Hal Lain Selain Pekerjaan

Salah satu sikap negatif yang sering dimiliki karyawan baru yaitu menghiraukan hal-hal lain di luar pekerjaan. Sebagai karyawan baru, kamu memang harus mempelajari cara kerja atau cara menyelesaikan pekerjaan. Kamu juga harus mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan barumu.

Namun itu bukan berarti kamu harus duduk di meja kerja setiap saat. Meskipun status kamu karyawan baru, kamu juga harus bersosialisasi. Semisal dengan cara makan siang bersama atau mengikuti acara sosial di kantor.

Sebagai Karyawan Baru, Perhatikan Peraturan Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki aturan dan kebijakan yang berbeda. Sebagai karyawan baru, kamu harus mengetahui dan memahami setiap aturan dan kebijakan yang ada. Pasalnya, kedua hal tersebut membuat pekerjaan menjadi lebih cepat diselesaikan.

Selain itu, aturan dan kebijakan dibuat agar semua karyawan menjadi nyaman dan aman dalam bekerja. Kebiasaan karyawan baru yang mengabaikan aturan perusahaan sebaiknya tidak kamu tiru.

Baca Juga: Trik Menyusun SOP Perusahaan agar Kualitas Pekerjaan Bisa Konsisten

Merasa Bisa Mengerjakan Segalanya

Sebagai karyawan baru mungkin kamu sudah mengetahui posisi dan peran yang dijalankan. Kamu juga sudah sangat mengetahui seluk beluk pekerjaan. Hal ini bisa terjadi karena kamu punya pengalaman. Namun, sikap merasa bisa mengerjakan segalanya seorang diri, sebaiknya dihindari oleh karyawan baru.

Pasalnya, suatu saat kamu pasti membutuhkan bantuan rekan kerja lainnya. Selain itu, kolaborasi dan kerjasama sangat dibutuhkan untuk mengerjakan pekerjaan dengan lebih efektif dan efisien.

Boros: Sikap Negatif Karyawan Baru yang Belum Pernah Bekerja

Hal lain yang harus dihindari oleh karyawan baru, yaitu berfoya-foya. Apalagi untuk karyawan yang belum pernah bekerja sebelumnya. Sebagai karyawan, tentunya kamu digaji oleh perusahaan. Gaji itu merupakan hasil kerja kerasmu.

Namun, ada baiknya kamu mulai belajar berhemat. Dengan belajar berhemat kamu belajar bertanggung jawab atas kondisi keuangan yang kamu miliki. Selain itu, cobalah hindari mengikuti gaya hidup yang tidak sesuai dengan situasi dan kondisi pribadimu.

Selain menghindari beberapa sikap di atas, sebagai karyawan baru kamu harus mau beradaptasi dengan lingkungan kerja yang ada. Sehingga kamu menjadi nyaman bekerja. Sehingga produktivitas kerjamu dan rekan kerja lainnya tidak terganggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here