Kesalahan dalam Memakai Spons Blender Ini Bisa Mengganggu Penampilan Anda

Kesalahan Dalam Memakai Spons Blender Ini Bisa Mengganggu Penampilan Anda
Sumber: Metroeve

Saat Anda memakai foundation, apakah Anda menggunakan brush agar dapat diaplikasikan secara merata ke seluruh bagian wajah? Tahukah Anda? Selain dengan brush, ternyata Anda juga bisa memakai spons blender. Alat makeup ini dianggap mudah dipakai karena lebih praktis untuk meratakan foundation atau produk kosmetik lain. Dan karena benda mungil ini sering digunakan saat merias diri, ada beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan. Untuk itu, simaklah kesalahan umum yang sering dilakukan saat Anda memakai spons blender dan bagaimana cara merawatnya dengan benar.

Kesalahan Dalam Memakai Spons Blender yang Perlu Segera Dihentikan

Anda Tidak Membersihkannya dengan Cermat

spons blender cuci
Sumber: beautynesia

Apakah Anda rutin membersihkan spons blender Anda? Atau Anda malas membersihkannya hingga warna dan aromanya menjadi tidak karuan? Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah bahwa untuk mendapatkan kulit sehat, Anda perlu memakai peralatan makeup yang bersih. Kenapa? Karena saat Anda memakai foundation dengan spons blender, lalu meratakannya pada kulit wajah, Anda tentu ingin benar-benar mengaplikasikan makeup, dan bukannya bakteri penyebab jerawat, bukan?

Tentu saja Anda tidak suka jika bangun di pagi hari harus terkejut karena jerawat tiba-tiba muncul, bukan? Untuk itu, rutinlah dalam mencuci spons blender paling tidak seminggu sekali, namun lebih sering Anda membersihkannya, itu lebih baik. Dan saat mencuci spons blender, gunakanlah sabun lembut, lalu rendam sebentar dengan air hangat. Peraslah spons tersebut sampai semua sisa makeup hilang, di mana ini ditandai dengan sisa air untuk mencuci tetap bersih. Setelah itu baru dikeringkan sebelum dipakai kembali.

Anda Tidak Menyimpannya dengan Benar

tidak menyimpan benar
Sumber: tokopedia

Kesalahan saat memakai spons blender selanjutnya adalah Anda membiarkan spons basah tersimpan di tas makeup. Tahukah Anda? Kebiasaan ini hanya akan membuat jamur mudah tumbuh. Kondisi lembab ini juga dapat menyebabkan bakteri berkembang dan jika itu terjadi maka spons Anda pun akan bau apek dan tidak layak untuk dipakai hingga perlu dicuci kembali. Seperti yang dijelaskan di atas, setelah Anda mencuci spons blender, keringkanlah di udara terbuka, dan bukannya di tempat yang lembap atau basah, seperti di kamar mandi.

Anda Memakainya dalam Kondisi Kering

kering
Sumber: juzdeaals

Cara terbaik untuk bisa meratakan foundation adalah dengan terlebih dulu meneteskan air secukupnya pada spons blender sebelum digunakan. Setelah itu, peras spon tersebut agar tidak ada air yang menetes. Selanjutnya, Anda bisa memakainya untuk meratakan foundation pada wajah.

Anda Tidak Memantulkannya Saat Memakai Spons

tidak memantulkan
Sumber: wikihow

Apakah Anda ‘menyeret’ atau mengusapkan spons blender tersebut saat mengaplikasikan makeup? Itu adalah salah satu kesalahan yang Anda lakukan dan harus segera dihentikan karena cara tersebut dapat menyebabkan foundation terlihat seperti ‘coretan’ yang tidak merata di kulit wajah, serta membuat blush on dan bronzer yang Anda pakai akan terlihat seperti noda.

Cara tepat untuk memakainya adalah dengan memantul-mantulkan spons pada wajah karena material yang digunakan untuk membuat spons blender memang beda dan cara memakainya harus dilakukan seperti dipantul-pantulkan. Dengan begitu, tumpukan makeup yang ada pun dapat dipulaskan secara merata dan bersamaan.

Anda Hanya Memakainya untuk Makeup Berbentuk Krim

makeup krim
Sumber: ceritakorea

Memang benar jika produk krim dan cair cocok bila diaplikasikan dengan spons blender. Namun bukan berarti Anda tidak bisa memakainya untuk meratakan powder agar bisa mengunci concealer dan membuat makeup Anda awet sepanjang hari.

Kesalahan lain yang Anda lakukan adalah Anda tidak menggunakannya untuk produk perawatan kulit lainnya seperti untuk serum, pelembab, dan sunscreen. Faktanya, Anda pun bisa memakai spons blender untuk hampir semua produk perawatan wajah.