Hal yang Dipikirkan Pewawancara Bila Kamu Tidak Bertanya Saat Wawancara

Wawancara merupakan salah satu tahapan penting dalam proses rekrutmen karyawan. Pada tahapan tersebut, pihak perusahaan ingin mengenal kandidat karyawan lebih dalam agar bisa melakukan seleksi secara cermat. Bila kamu tidak bertanya saat wawancara kerja, tindakan tersebut dapat menimbulkan berbagai macam anggapan di benak pewawancara.

Penasaran dengan isi pikiran pewawancara jika kamu tidak bertanya saat wawancara berlangsung? Inilah ulasannya!

Menganggap Kandidat Karyawan Kurang Cerdas

Kandidat karyawan yang tidak bertanya saat wawancara bisa menandakan kepribadian yang kurang cerdas dan tidak proaktif. Anggapan yang muncul dalam pikiran pewawancacara ini tentu mempengaruhi penilaian sang kandidat karyawan selama proses rekrutmen berlangsung.

emua perusahaan tentu ingin mempekerjakan karyawan berkualitas yang cerdas dan punya inisiatif. Jadi, jangan sampai kamu dicap sebagai kandidat karyawan yang kurang bermutu, ya.

Baca Juga: Mencegah Kandidat Karyawan Tak Berkualitas Masuk ke Perusahaanmu

Tidak Mempersiapkan Diri dengan Baik

Perilaku kamu yang memutuskan untuk tidak bertanya saat interview juga dapat membuat kamu kira tidak mempersiapkan diri dengan baik. Semua kandidat karyawan patut mencari informasi tentang perusahaan sesaat sebelum sesi tes dan wawancara kerja.

Sehingga kandidat karyawan tersebut lebih mengenal perusahaan dan bisa mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum dipahami. Kamu harus membuat pertanyaan yang relevan dengan kondisi perusahaan agar terkesan semakin kompeten.

Kurang Antusias terhadap Proses Rekrutmen

Ternyata tim pewawancara juga dapat menganggap kamu kurang antusias terhadap proses rekrutmen kalau kamu tidak bertanya saat wawancara kerja. Kandidat karyawan yang antusias tentu ingin mengetahui banyak hal mengenai perusahaan yang kemungkinan akan menjadi tempat kerjanya nanti.

Sebaliknya, kandidat yang kurang antusias pasti tidak mau ambil pusing terhadap kondisi perusahaan. Itulah sebabnya, kandidat karyawan yang antusias punya peluang kerja yang lebih besar ketika melamar kerja di suatu perusahaan.

Mengira Kandidat Karyawan Kurang Gemar Bersosialisasi

Kecenderungan untuk tidak bertanya saat wawancara kerja juga dapat disebabkan oleh kepribadian yang kurang gemar bersosialisasi. Orang yang tidak terlalu suka bersosialisasi biasanya malas mengajukan pertanyaan basa-basi, termasuk saat sesi wawancara kerja berlangsung.

Kepribadian tersebut sangat tidak cocok dengan pekerjaan yang mengharuskan kamu bertemu banyak orang, misalnya staf Public Relation (PR), marketing, dan call center.

Mengajukan pertanyaan atau tidak sebenarnya adalah hak pribadi kamu sebagai kandidat karyawan. Namun, sebaiknya kamu tidak ragu bertanya saat wawancara kerja demi menampilkan sisi profesionalitas dan antusiasme terhadap pekerjaan yang sedang dilamar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here