Hindari! 3 Kesalahan Vital Menjelaskan Pekerjaan Sekarang saat Interview

Memberi gambaran pekerjaan sekarang saat interview adalah salah satu pertanyaan umum yang sering diajukan oleh manajer perekrut. Namun, tidak semua orang mampu menjelaskan hal ini meskipun telah menjadi rutinitas kerja tiap hari. Berikut ini beberapa kesalahan utama yang sering dilakukan kandidat saat menjelaskan pekerjaannya sekarang.

Anda Mengatakan “Pekerjaan Saya Tidak Dapat Dijelaskan”

Anda tentu paham rasanya mencoba untuk menjelaskan tentang padang ilalang ke dalam bahasa awam. Begitu juga ketika harus menjelaskan pekerjaan sekarang karena Anda dituntut untuk menjelaskan banyak hal dengan kalimat singkat.

Jika Anda merespon bahwa pekerjaan Anda tidak dapat dijelaskan, itu sudah menjadi jawaban buruk. Pasalnya, manajer perekrut tertarik untuk mengetahui pengalaman kerja Anda.

Lalu, apa yang harus dilakukan? Pertama, Anda tidak boleh mengabaikan beberapa poin penting tentang pekerjaan Anda. Anda bisa mengatakan sesuatu seperti, “Hari-hari saya melibatkan (sesuatu yang luas tentang apa yang Anda lakukan), yang memiliki dampak besar (pada tim yang bekerja dengan Anda) mendekati (sesuatu yang menjadi tanggungjawab tim).”

Singkatnya, jawaban yang tepat adalah “Pekerjaan sehari-hari saya melibatkan pencarian untuk melihat pada pembelian data order, yang memiliki dampak besar pada bagaimana tim sales kami melakukan diskusi dan percakapan dengan klien potensial kami.”

Baca Juga: Hati-Hati! 3 Kesalahan Fatal Interview Kerja Berikut Tidak akan Ditoleransi

Anda Terlalu Banyak Menggunakan Jargon

Di sisi lain, cukup mudah bagi seseorang untuk menjelaskan pekerjaan sekarang bila selama ini ia menggeluti dunia sales kosmetik, misalnya. Anda bisa menjelaskannya dengan lancar, bahkan untuk berbagai merk kosmetik yang pernah Anda jual. Namun, karena dunia produk Anda luas, Anda perlu memberikan respon yang jelas tanpa membuat bingung. Nah, Anda bisa memberi sedikit jawaban teknis yang mudah dipahami oleh perekrut.

Bila Anda ingin menggunakan beberapa contoh khusus, atau masuk pada detail tertentu yang lebih mendalam, bersiaplah untuk memandu manajer agar bisa masuk dalam diskusi. Anda dapat memberi respon seperti, “Saya bertanggungjawab untuk membantu departemen penjualan memahami seberapa sering pembeli mengganti kosmetik mereka. Tahun ini, saya pun berinisiatif untuk mengambil beberapa data awal dan menyarankan tindakan yang dapat ditindaklanjuti oleh tim kami.”

Anda Kesal Bila Ditanya Berulang Kali

Cukup manusiawi bila saat interview Anda berpikir, “Sudah berapa kali saya menjelaskan bahwa saya menganalisa kebiasaan wanita membeli kosmetik?”

Bagi Anda, menjelaskan pekerjaan sekarang bisa jadi mudah. Namun, bisa jadi orang lain belum paham atau ingin mendapatkan detail yang lebih mendalam. Bila manajer perekrut menanyakan sesuatu yang mirip, ia hanya perlu tahu bagaimana Anda bisa memenuhi kualifikasi untuk bergabung dengan tim di perusahaan.

Tidak hanya itu, bagi manajer perekrut, ada beberapa jenis pekerjaan yang dapat dijelaskan dengan 1-2 kalimat singkat. Jadi, sangat manusiawi bila ia ingin mengklarifikasi beberapa pertanyaan tentang apa yang Anda lakukan untuk menemukan apakah ada skill dan tanggungjawab yang tumpang tindih. Agar tidak memberi respon mengecewakan, Anda dapat memberikan respon kembali.

Cobalah untuk mengatur intonasi suara dan memberikan penjelasan dengan bahasa mudah. Misalnya, “Mungkin perlu waktu untuk menjelaskan pekerjaan sekarang. Jadi, saya harap tidak masalah bila saya menjelaskan apa yang saya lakukan lebih detail karena sebagian mungkin akan terdengar tidak masuk akal. Namun begitulah bagaimana saya bekerja untuk bisa mencapai target bersama tim.”

Gimana, sudahkah Anda mendapatkan gambaran bagaimana menghadapi pertanyaan rekruter mengenai pekerjaan Anda sekarang ini? Silakan diterapkan ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here