Wawancara Online Sangat Penting, Hindari Melakukan Hal-Hal Ini!

Wawancara online menjadi salah satu alternatif cara yang dilakukan perusahaan dalam merekrut karyawan baru saat pandemi. Para pelamar kerja pun mau tidak mau harus ikut beradaptasi pada sistem baru ini.

Beberapa pelamar kerja cukup kesulitan mengikuti proses seleksi melalui wawancara online. Apakah kamu juga mengalami rangkaian proses perekrutan ini? Berikut beberapa hal-hal yang sebaiknya kamu hindari agar wawancaramu berjalan lancar.

Lupa Mengecek Koneksi Internet dan Kualitas Suara serta Video

Hal pertama yang harus dicek sekaligus dipersiapkan untuk wawancara online adalah kesiapan alatmu. Lalai mengecek koneksi internet dapat menjadi kesalahan fatal karena berpotensi menganggu wawancara. Rekruter tentu agak tidak nyaman jika terjadi gangguan koneksi internet, apalagi berlangsung lama.

Selain itu, seringkali wawancara tersendat karena kualitas suara dan video tak bagus. Kamu harus memastikan kualitas suara serta videomu bagus sebelum wawancara. Jangan sampai rekruter tidak bisa terlalu jelas berkomunikasi denganmu karena dua hal ini.

Berpakaian Terlalu Santai

Meski wawancara online dilakukan dari rumah, bukan berarti kamu menjadi santai dalam berbusana. Ingat, rekruter pun pastinya mempersiapkan diri dengan baik untuk mewawancaraimu. Hindari menggunakan pakaian non formal seperti kaos atau t-shirt.

Gunakan pakaian formal sebagaimana saat kamu wawancara langsung. Berdadanlah dengan cukup agar tampilanmu makin menarik. Hargai undangan wawancara dari rekruter dengan membawa diri dengan baik.

Baca Juga: 4 Langkah Mengadakan Wawancara Jarak Jauh yang Optimal

Tidak Mengkondisikan Rumah agar Kondusif

Poin penting dalam melakukan wawancara jarak jauh adalah lingkungan rumah yang kondusif. Keributan di rumah bisa menjadi distraksi utama sepanjang wawancara berlangsung. Tidak mengkondisikan suasana rumah pasti mengganggu jalannya wawancara.

Andai wawancara kamu lakukan dari rumah, ada baiknya siapkan ruangan khusus yang jauh dari keramaian. Jika diperlukan, beri pengertian pada anggota keluarga lain untuk lebih tenang selama wawancara.

Pandangan Mata Tidak ke Arah Rekruter

Tantangan dalam mengikuti wawancara online adalah memfokuskan mata ke rekruter. Tidak fokus menatap rekruter biasanya disebabkan oleh mata yang tidak menatap kamera. Memang agak sulit melakukan hal ini jika tidak terbiasa, apalagi ada kalanya kamu lebih sering menatap rekruter lewat layar.

Tidak fokus dan konsisten menatap rekruter bisa mengurangi konsentrasi pewawancara. Agar hal ini tidak terjadi, ada baiknya kamu latihan dulu melakukan wawancara dengan teman atau keluarga. Andai sudah terbiasa, kamu bisa melakukan wawancara jarak jauh ini dengan baik.

Nah, pastikan empat hal tadi tidak kamu lakukan saat wawancara online ya. Jangan sampai kendala-kendala teknis bisa mengganggu proses wawancaramu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here