World Mental Health Day, Inilah Cara agar Kesehatan Jiwa Tetap Terjaga!

World Mental Health, Inilah Cara Agar Kesehatan Jiwa Tetap Terjaga!
Sumber: Pexels

Setiap tanggal 10 Oktober, dunia internasional merayakan World Mental Health Day sebagai kampanye untuk menggalakkan pentingnya menjaga kesehatan jiwa. Seperti kesehatan fisik, jiwa yang sehat juga menjadi komponen keberhasilan seseorang dalam hidup. Kesehatan jiwa yang optimal selalu memberikan energi positif untuk selalu aktif sehari-hari.

Maraknya kasus bunuh diri di masyarakat menjadi sesuatu yang digarisbawahi dalam World Mental Health Day tahun ini. Hal ini menunjukkan betapa kelola jiwa amat penting untuk setiap orang. Untuk itulah, jagalah selalu kesehatan jiwa dalam dirimu dengan beberapa cara ini!

Kelola Stress atau Stress Management adalah Kunci dari Kesehatan Jiwa

Kelola Stress atau Stress Management Adalah Kunci dari Kesehatan Jiwa
Sumber: Pexels

Salah satu kunci menuju jiwa yang sehat adalah mengelola stress dalam hidup. Stress bisa terjadi dimana saja; Di kantor, di tempat perbelanjaan, di rumah, atau bahkan di sekolah. Untuk itu, penting untuk mengelola stress dengan baik agar tidak berlarut-larut. Caranya, ketika situasi mulai menekan dan membuat pusing, keluarlah sejenak untuk mencari udara segar atau setidaknya menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi.

Baca Juga: Cara Seru Merayakan Hari Pangan Sedunia ala Milenial

Lepaskan Dirimu dari Rasa Takut dalam Hidup

Lepaskan Dirimu Dari Rasa Takut Dalam Hidup
Sumber: Pexels

Ada kalanya hidup menakutkan, bukan? Kamu tentu sering merasa was-was bahwa hidupmu akan berakhir dengan kegagalan atau kemiskinan. Kamu juga takut bahwa tidak ada lagi orang yang akan menyenangi kepribadianmu. Lepaskan segala ketakutan tersebut! Pahamilah, ketakutan hanyalah awal dari stress yang akan mengancam kesehatan jiwa dalam dirimu sendiri.

Pasrah Pada Sang Maha Kuasa Jadi Terapi Positif yang Bisa Dilakukan Sehari-Hari

Pasrah Pada Sang Maha Kuasa Jadi Terapi Positif yang Bisa Dilakukan Sehari-Hari
Sumber: Pexels

Pada dasarnya, kamu harus memahami bahwa ada kerja keras yang membawakan hasil yang baik untuk dirimu sendiri. Kerja keras tentu menjadi modal awal bahwa mimpimu akan segera tercapai. Namun, pahami juga bahwa ada bagian lain yang tidak dapat kamu jangkau. Untuk itulah, kepasrahan pada Sang Maha Kuasa menjadi jalan agar kamu selalu punya motivasi positif untuk terus berjuang sebab kamu percaya ada yang sudah mengatur hidupmu sedemikian rupa.

Ungkapkan Setiap Kali Ada Hal yang Kamu Ingin Utarakan

Ungkapkan Setiap Kali Ada Hal yang Kamu Ingin Utarakan
Sumber: Pexels

Agar kesehatan jiwa kamu tetap terjaga dengan baik, kamu juga perlu teman atau seseorang untuk bercerita tentang keluh kesahmu. Mereka yang mendengarkanmu tentu dapat memberikan masukan dan saran yang baik untuk permasalahanmu. Namun, kalau tidak ada, kamu bisa coba memanfaatkan beberapa media seperti diary atau cerita yang bisa membuatmu lega karena sudah menumpahkan semua emosi di dalamnya.

Masa Lalu Bukanlah Ukuran Akan Jadi Siapa atau Apa Kamu Hari Ini

Masa Lalu Bukanlah Ukuran Akan Jadi Siapa atau Apa Kamu Hari Ini
Sumber: Pexels

Kamu juga wajib untuk berani berpikiran positif terhadap masa lalu kelam yang kamu punya. Masa lalu bukanlah ukuran akan jadi siapa atau apa kamu hari ini. Justru, masa lalu adalah pelajaran berharga yang kamu miliki dimana tidak semua orang memilikinya dengan utuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here