Menjaga Kesehatan Usus Kunci Mendapatkan Kulit Cantik, Kok Bisa?

Tidak banyak yang tahu jika menjaga kesehatan usus menjadi kunci untuk mendapatkan kulit cantik dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Menurut Dr. Trevor Cates, seorang dokter naturopati dan penulis dari Clean Skin From Within, kulit adalah cerminan apa yang terjadi dalam sistem internal tubuh.

Artinya, jika kamu punya kesehatan usus yang baik, hal ini akan berdampak pada kesehatan kulit. Ya, menjaga kesehatan usus yang baik berarti kamu punya beragam jenis bakteri yang tepat di dalam usus. Tentu saja, setiap orang memiliki kadar perbandingan jumlah bakteri baik dan bakteri jahat yang berbeda-beda.

Bagaimana Menjaga Kesehatan Usus dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit?

Kamu tentu sudah tahu makanan yang kamu konsumsi akan berdampak pada kesehatan jantung, yang sekaligus juga berpengaruh pada organ terbesar, yaitu kulit. Sebagai contoh, jerawat merupakan tanda adanya ketidakseimbangan atau peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

Lebih jauh lagi, ketidakseimbangan bakteri yang ada di dalam tubuh dapat membuat kulit secara umum akan tampak kusam dan tidak bercahaya. Pola makan yang sehat adalah sinonim dari kulit sehat dan bercahaya. Jadi, ketika kamu menjaga kesehatan usus yang baik, hal itu pun akan ditunjukan pada wajahmu.

Baca Juga: Bahan Alami Anti Penuaan Dini Berikut Bisa Digunakan untuk Dapatkan Kulit Sehat

Makanan Terburuk untuk Kesehatan Usus

Ada beberapa jenis makanan yang dianggap dapat memperburuk kondisi usus. Misalnya, makanan yang diberi pemanis buatan, minuman manis, alkohol, karbohidrat rafinasi, daging olahan, dan mengonsumsi daging merah secara berlebihan.

Agar terhindar dari masalah kulit, kamu pun dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti buah, sayuran, gandum utuh, dan kacang-kacangan/biji-bijian.

Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat untuk usus, seperti makanan yang difermentasi atau probiotik (saurkraut, kombucha, kimchi, miso, tempe, yogurt, kefir, dan makanan asinan), serta mengonsumsi makanan prebiotik (pisang, apel, bawang putih, brokoli, kembang kol, lentil, rumput laut, dan daun bawang).

Faktor Gaya Hidup dapat Berkontribusi pada Kesehatan Usus

Makanan bukan satu-satunya sumber kesengsaraan bagi usus. Faktor gaya hidup dan tingkat stres juga secara langsung berkaitan dengan naik-turunnya ketidakseimbangan bakteri di dalam usus. Jadi, menjaga kesehatan usus akan sangat bergantung pada tingkat stres, paparan lingkungan pada racun, seperti polusi dan asap rokok, pola tidur, genetik, dan pengobatan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa seseorang harus punya waktu tidur paling tidak 7-8 jam di malam hari. Ini adalah anjuran yang perlu dilakukan karena lamanya periode waktu tersebut akan membuat tubuh terasa lebih sehat sehingga kamu bisa melakukan aktivitas dengan lebih bersemangat.

Bila kamu ingin menjaga kesehatan usus untuk mendapatkan kulit sehat, kamu perlu segera mengubah gaya hidup. Misalnya dengan cara menghidrasi diri dengan minum air yang cukup tiap hari, mengubah pola makan menjadi lebih sehat, serta miliki kebiasaan tidur berkualitas di malam hari agar kulitmu tampak lebih segar saat bangun di pagi hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here