Kesepian di Tempat Kerja? Begini Cara Menanggulanginya

kesepian di tempat kerja
Sumber : bigfishcreative

Kesepian di tempat kerja melanda banyak orang, meskipun seharusnya tidak demikian yang terjadi. Beberapa orang sebegitu introvert-nya atau sebegitu tidak percaya dirinya sehingga tidak mampu menjalin hubungan dengan rekan-rekan kerja mereka. Banyak yang merasa tidak nyaman harus mendiskusikan ikatan-ikatan sosial mereka yang lemah di tempat kerja, meremehkan masalah tersebut sebagai sesuatu yang tidak penting dibandingkan dengan masalah-masalah di tempat kerja lain seperti kurangnya rasa hormat atau pengakuan, atau bahkan yang lebih serius seperti bullying, pelecehan, dan diskriminasi. Padahal, kesepian di tempat kerja juga masalah serius. Ini bukan hanya bisa memberi dampak kesehatan negatif, tetapi juga bisa mengurangi performa dan produktivitas.

Sebagai seorang manajer atau bagian dari tim HR, adalah tanggung jawab Anda untuk memastikan bahwa karyawan bisa bekerja sebetah mungkin dan tidak merasa terisolasi, disalahpahami, atau diremehkan. Untuk menghilangkan kesepian di tempat kerja, beberapa hal ini adalah apa yang bisa dilakukan setiap manajer, anggota tim HR, dan bahkan karyawan biasa.

Ini yang Bisa Dilakukan saat Kesepian di Tempat Kerja

Berteman Karena Makanan

makan siang bersama rekan kerja

Makanan adalah sesuatu yang universal dan bisa menyeberangi berbagai batas manusia. Dan kesempatan untuk terhubung dengan manusia lain karena makanan tidak terbatas jumlahnya. Potluck kantor, dimana setiap orang membawa sesuatu untuk dikonsumsi, bisa jadi sebuah alat yang hebat untuk membawa percakapan dan mempersatukan tim. Sebagai tim HR atau manajer, Anda bisa menjadwalkan ini secara rutin sebagai salah satu solusi melawan kesepian di tempat kerja. Namun, meskipun Anda bukan bagian dari tim manajemen pun, Anda masih bisa menjadwalkan ini dengan rekan-rekan kerja, atau bahkan menginisiasinya sendirian. Jika di kantor tidak ada dapur yang bisa menjadi fasilitas untuk memasak, maka Anda bisa mengajak satu rekan kerja untuk mempersiapkan makanan bersama. Bawa saja sisa bahan makanan Anda untuk diolah dan disajikan bersama.

Baca Juga: Cara Menyesuaikan Diri dengan Pekerjaan Baru bagi Seorang Introvert

Ajak Orang-Orang untuk Membagikan Ketertarikan Mereka di Tempat Kerja

Sumber : AICD Company Directors

Bukanlah merupakan hal yang sulit untuk mengadakan dan mempertahankan pertemuan kelompok tidak resmi yang mengizinkan sesama karyawan berbicara mengenai ketertarikan-ketertarikan mereka selama istirahat makan siang, di pagi hari, atau di akhir hari. Doronglah anggota tim untuk mengambil insiatif dalam mendesain acara ini sendiri, lalu bantulah mereka mendapatkan tempat atau ruangan untuk mereka bisa bertemu.

Berbagi mengenai diri sendiri adalah salah satu cara yang paling efektif untuk memerangi kesepian di tempat kerja. Jika cuaca sedang bagus, undanglah anggota tim Anda untuk ke luar dan berjalan-jalan saat makan siang atau adakan rapat di taman dekat kantor. Jika perusahaan Anda memiliki dana, bawalah ahli ke pertemuan ini seperti instruktur yoga, pengajar lukis cat air, atau koki yang akan mengajari memsasak. Jika tidak ada dana, tawarkan setiap karyawan untuk mengajari satu sama lain mengenai keahlian atau hobi yang mereka cintai.

Dengan ini, karyawan bisa berkesempatan untuk menjalin hubungan dalam level yang lebih pribadi daripada sekedar mendiskusikan masalah pekerjaan, dan pada akhirnya kesepian di tempat kerja bisa ditanggulangi.

Sediakan Waktu Personal pada Tiap Rapat

memberi kesan kuat

Salah satu cara yang baik untuk memulai rapat adalah dengan berjalan-jalan keliling ruangan dan meminta setiap orang untuk membagikan tentang satu hal yang membuat mereka bersemangat. Satu aturannya adalah ini harus merupakan sesuatu yang di luar masalah pekerjaan. Ini adalah cara yang baik sehingga setiap orang jadi kenal satu sama lain, terutama ketika ada rekrutan yang baru bergabung bersama tim. Selain itu, ini juga bisa mengembangkan percakapan dan koneksi lebih jauh karena anggota tim bisa punya bahan mengobrol setelah rapat selesai. Langkah ini pada akhirnya akan membantu karyawan merasa tidak teralienasi dan mampu menghilangkan kesepian di tempat kerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here