Minum Kopi, Yuk! Sambil Ketahui Fakta Unik Kopi Berikut Ini

Banyak orang yang melepas penat akan banyaknya pekerjaan di kantor atau masalah lainnya dengan pergi berlibur. Namun tidak semua selalu memiliki bujet untuk liburan yang siap digunakan kapan saja. Beberapa dari mereka menikmati kopi untuk istirahatkan pikiran sejenak.

Kamu sering ngopi saat istirahat? Atau saat memulai aktivitas di pagi hari? Jangan ngaku pecinta kopi, sebelum kamu mengetahui fakta unik kopi berikut ini. Yuk, bagikan dulu artikel ini untuk teman kamu yang juga suka ngopi.

Arabika vs Robusta

Ada sebuah data yang menyatakan bahwa kopi Robusta lebih banyak dikonsumsi oleh penduduk di dunia, dibandingkan dengan Arabika. Kedua jenis kopi ini memang yang paling banyak digunakan sebagai base untuk espresso. Namun ternyata, 70 persen peminum kopi di seluruh dunia lebih mengkonsumsi Arabika, dikarenakan rasanya lebih lembut. Aromanya juga lebih terasa.

Sedangkan sisanya menikmati Robusta yang memiliki cita rasa lebih pahit. Bagi pecintanya, pahit tersebut memberikan kenikmatan tersendiri, serta mengandung kafein yang juga lebih banyak dibandingkan Arabika.

Baca Juga: Kopi Cold Brew: Solusi Minum Kopi Tanpa Kafein dan Asam Berlebihan

Bagaimana Istilah Awal Americano?

Saat kamu pergi ke kedai kopi, pasti selalu ada menu Americano. Tidak sedikit kedai kopi yang menaruh menu ini pada harga yang paling murah, karena racikannya yang memang cukup sederhana, tanpa tambahan pemanis atau kandungan lainnya. Namun inilah yang akan membuatnya terasa banget espresso-nya.

Nah, fakta unik kopi americano berawal dari tentara perang G.I Amerika pada saat perang dunia kedua. Para tentara biasa memesan esperesso namun dicampur sedikit dengan air. Tujuannya untuk meringankan rasa kuat dari kopi espresso. Selanjutnya, ada juga sebutan cup of joe yang berasal dari tentara G.I. Joe, yang dikenal sebagai peminum kopi berat.

Cemilan Biji Kopi

Jika yang diketahui saat ini kopi dinikmati dengan cara diminum, disajikan di cangkir dalam kondisi hangat, atau gelas dengan tambahan es, sebelumnya kopi dinikmati langsung dengan memakan bijinya. Sudah pernah mendengar fakta unik kopi ini sebelumnya?

Berawal dari suku di Afrika, yang dikabarkan sering ngemil biji-biji kopi. Mereka sajikan bersamaan dengan lemak sejenis mentega, kemudian dimakan utuh-utuh dalam bentuk biji tersebut. Biji kopi yang dimakan tersebut sangat mereka yakini dapat menambah energi di tubuh.

Benarkah Kopi Bikin Ketagihan?

Ada sebuah penelitian menyatakan bahwa hormon kortisol di tubuh akan meningkat saat di pagi hari, terutama pada saat jam 8 hingga 9 pagi. Jika tubuh kamu mengkonsumsi kafein pada saat tersebut, tidak menutup kemungkinan akan membuat tubuh kecanduan.

Apakah kamu termasuk seseorang yang tidak bisa lepas dari kopi di pagi hari? Hal tersebut bisa jadi alasannya. Tidak minum kopi sehari saja, rasanya seperti ada yang kurang, bahkan terasa sedikit stress. Oleh karena itulah, seorang ahli syaraf pernah menyarankan untuk menikmati setelah pukul 9 pagi saja. Wah, fakta ini unik banget ya.

Kopi Cocok untuk Diet

Fakta unik kopi yang satu ini pasti sangat senang didengar oleh orang-orang yang sedang menjalankan program diet, karena nyatanya, kopi cukup baik dikonsumsi oleh orang-orang yang lagi diet. Turut berperan dalam menurunkan kadar lemak dalam tubuh.

Dengan catatan, tidak menambahkan gula atau meminumnya dalam jumlah yang berlebihan! Kopi mengandung kafein yang ternyata juga dapat membantu tubuh meningkatkan metabolisme. Hasilnya, tubuh bisa membakar lebih banyak  kalori setelah mengkonsumsi kopi. Ingat ya, yang benar-benar kopi, tanpa tambahan susu pemanis, gula, apalagi coklat panas.

Itulah fakta unik kopi yang tidak ada salahnya untuk kamu bagikan ke sesama pecinta kopi. Nah, sudah menikmati kopi hari ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here