Ketawa Karier: Jalan Pintas agar Tampak Bahagia di Lingkungan Kerja

Semua karyawan tentu ingin merasakan kebahagiaan di lingkungan kerja. Sayangnya, keinginan tersebut tak selalu berjalan mulus. Malah sering kali para karyawan terpaksa melakukan ketawa karier demi memperlihatkan bahwa kondisinya baik-baik saja.

Istilah ketawa karier memang belum terlalu populer di tanah air. Namun, sebenarnya banyak karyawan yang melakukannya demi profesionalitas semata.

Lebih Dekat dengan Definisi Ketawa Karier

Ketawa karier dapat didefinisikan sebagai perilaku tertawa yang tidak murni berasal dari hati. Banyak orang melakukan hal ini ketika berhadapan dengan atasan yang sedang menampilkan sisi humornya atau saat berhubungan dengan pihak lain seperti rekan-rekan kerja atau klien bisnis.

Tak sedikit pula karyawan yang melakukannya sewaktu berinteraksi dengan klien via telepon maupun secara langsung. Tertawa dianggap sebagai bagian dari profesionalitas yang menunjukkan kenyamanan karyawan selama bekerja meskipun sebenarnya diri sendiri tidak menemukan hal lucu yang patut ditertawakan.

Baca Juga: https://magazine.job-like.com/manfaat-basa-basi-saat-di-kantor/

Tertawa Memang Bermanfaat bagi Perkembangan Karier

Faktanya, ketawa karier memang dianggap bermanfaat bagi perkembangan karier seseorang. Perilaku tersebut dapat menunjukkan hal-hal positif seperti:

  • Mencerminkan kepribadian yang menyenangkan.
  • Mencairkan hubungan dengan atasan, rekan kerja, atau klien bisnis.
  • Menunjukkan kesopanan saat orang lain berusaha menghasilkan humor.
  • Menghargai interaksi yang dijalin dengan orang-orang di lingkungan kerja.
  • Mengekspresikan karakter diri sendiri yang terbuka, supel, dan siap bergaul dengan siapa saja.

Humor di Tempat Kerja Memang Menyenangkan

Sebenarnya, siapa pun yang berada di lingkungan kerja tak perlu melakukan ketawa karier bila situasi kerjanya memang menyenangkan. Batas antara atasan, karyawan, maupun klien kini tak lagi diukur berdasarkan relasi yang terlalu formal.

Justru keberadaan humor di tempat kerja akan membuat suasana jadi lebih cair dan tidak monoton. Semua orang yang berada di lingkungan kerja bisa mendapatkan beberapa manfaat humor berikut ini:

  • Hubungan antara rekan kerja, atasan, maupun klien jadi lebih cair.
  • Risiko kesalahpahaman selama bekerja dapat diminimalkan.
  • Hubungan baik yang terjalin akan memicu persaingan kerja yang sehat.
  • Komunikasi yang intensif membuat pekerjaan selesai dengan baik sesuai target perusahaan.
  • Hubungan kerja yang solid juga akan meningkatkan kepuasan kerja karyawan.

Jangan biarkan perilaku ketawa karier membuat lingkungan kerja jadi canggung dan penuh basa-basi. Sudah saatnya membenahi lingkungan kerja supaya lebih nyaman bagi siapa pun yang berada di dalamnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here