Mau Liburan? Cari Tahu Dulu Penggunaan Asuransi Travel Kartu Kredit

Apakah benar asuransi traveling atau perjalanan yang Anda dapatkan dengan kartu kredit adalah deal bagus?

Asuransi perjalanan memang dibutuhkan bila Anda ingin liburan dengan aman dan nyaman. Sudah ada banyak penawaran asuransi perjalanan yang beredar, salah satunya dari perusahaan kartu kredit. Nah, apakah kartu kredit Anda sudah menyediakan servis asuransi travel? Berikut tips yang Anda perlu ketahui saat menggunakan asuransi travel kartu kredit.

Apakah Asuransi Travel Kartu Kredit Cukup?

Meski kartu kredit Anda termasuk asuransi travel bukan berarti semua keadaan terlindungi. Seringkali Anda harus membeli perjalanan dan kartu agar asuransi perjalanan berlaku. Jadi, Anda perlu mempertimbangkan situasi yang ter-cover, untuk berapa lama dan apa batasannya. Di sini, Anda dapat membaca print coverage kartu kredit atau menghubungi provider kartu kredit untuk menanyakan apakah asuransi travel Anda ter-cover atau tidak.

Asuransi Travel Kartu Kredit Dapat Meng-cover Hal Ini

Tergantung dari jenis kartu kredit yang Anda miliki, Anda mungkin punya sedikit atau banyak coverage dari asuransi perjalanan. Anda dapat mengajukan pertanyaan berikut pada perusahaan kartu kredit bila Anda berencana melakukan perjalanan.

  • Gangguan perjalanan atau asuransi keterlambatan perjalanan
  • Asuransi darurat medis, tagihan medis, transportasi atau evakuasi medis seperti asuransi ambulan udara
  • Cakupan penyakit, dokter, atau kunjungan dokter
  • Bantuan medis atau layanan rujukan
  • Asuransi kecelakaan (waspadalah terhadap pengecualian untuk olahraga ekstrim atau berbahaya)
  • Bagasi atau asuransi milik pribadi
  • Pencurian di hotel atau asuransi pencurian
  • Asuransi jiwa
  • Asuransi untuk sewa mobil (ketika bertanya tentang ini, pastikan untuk mengetahui apa batasannya dan siapa yang ditanggung)

Baca Juga: Jangan Sampai Kejadian! Ini Alasan Kamu Kehilangan Reward Kartu Kredit

Sebagian perusahaan akan memasukkan pembatalan karena penyakit, cuaca, bahkan sakit yang dialami anggota keluarga atau hewan peliharaan. Sedangkan untuk situasi lainnya dibatasi. Oleh karena itu, Anda perlu menanyakan secara spesifik agar lebih yakin. Coverage dari pembatalan dan keterlambatan mungkin memiliki batas sehingga Anda perlu memastikan dan mencari tahu lebih detail.

Bagaimana Cara Mengetahui Kartu Kredit Menawarkan Asuransi Travel Terbaik?

Banyak perusahaan menawarkan kartu kredit yang akan mencakup asuransi travel, tetapi tidak semua kartu kredit meng-cover asuransi perjalanan dengan cara yang sama. Tergantung dari fitur kartu dan peringkat kredit Anda, Anda mungkin dapat memenuhi syarat untuk lebih ter-cover dari apa yang Anda miliki sekarang.

Sebagian kartu dengan asuransi travel mungkin memiliki biaya tahunan yang terkait. Jangan pernah berasumsi semua kartu kredit menawarkan pertanggungan yang sama. Jadi, ajukan pertanyaan secara mendetail tentang coverage dan lihat apa yang masing-masing perusahaan tawarkan pada Anda.

Pengecualian pada Asuransi Travel Kartu Kredit

Pengecualian, batasan, dan kesenjangan coverage adalah faktor penting yang perlu Anda pelajari sebelum mengandalkan asuransi travel kartu kredit. Terkadang ada hal-hal yang ter-cover, tetapi kemudian peristiwa atau kondisi yang memenuhi syarat disekitarnya memberi batasan. Seperti halnya asuransi lain, masing-masing akan menawarkan syarat dan ketentuan berbeda. Jadi, Anda harus jeli sebelum membuat keputusan.

Pertanyaan yang Harus Diajukan pada Penyedia Kartu Kredit

Ada beberapa pertanyaan yang sebaiknya Anda ajukan sebelum menentukan asuransi travel kartu kredit, seperti:

  • Hal apa yang ter-cover?
  • Apakah ada batasan pada lamanya perjalanan?
  • Apakah ada pengecualian atau batasan untuk kondisi medis yang telah ada, usia, atau risiko kesehatan?
  • Apakah ada pengurangan berapa persen untuk biaya medis yang ditanggung?
  • Siapa saja yang ter-cover asuransi travel?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here