Masih Tak Yakin untuk Bekerja Menurut Hobi? Pahami Keuntungannya Ini!

Sumber : atriumstaff

Berapa banyak dari Anda sekalian yang saat ini bekerja menurut hobi? Atau malah, yang lebih ideal lagi, memiliki karir dan profesi sesuai dengan passion yang selama ini Anda miliki? Namun sepertinya, tidak banyak orang yang menjalankan hal ini. Banyak yang pada akhirnya memilih pekerjaan dan profesi berdasarkan dari apa yang tersedia di job market saat itu. Bahkan, mungkin mereka memilih pekerjaan hanya berdasarkan dari apa yang bisa menghasilkan uang.

Tidak ada yang salah memang dari kedua hal tersebut. Namun bagi Anda yang belum menyadari, dapat bekerja menurut hobi merupakan sebuah kebahagiaan dan prestasi tersendiri. Untuk itu, di bawah ini terdapat 3 alasan mengapa Anda seharusnya bisa mengubah hobi dan passion sebagai sebuah profesi serta karir.

3 Alasan untuk Mulai Bekerja Menurut Hobi

1. Lebih Produktif

produktivitas kerja
Sumber: orangemagz

Berapa kali Anda berharap bahwa Anda sedang melakukan hobi dan bukannya bekerja? Coba Anda bayangkan bagaimana jika hobi yang sangat Anda gemari menjadi pekerjaan utama Anda. Dengan memiliki hobi sebagai pekerjaan, bekerja pun seakan sebuah rekreasi tersendiri. Hingga pada akhirnya, tanpa disadari Anda pun akan menjadi jauh lebih produktif.

“Jika Anda menyukai pekerjaan Anda, Anda cenderung tertarik untuk mempelajari setiap aspek bisnis. Ini tidak hanya membuat Anda sukses menuju kesuksesan, tapi juga membantu Anda melewati pekerjaan sehari-hari,” ujar Patrice Rice, CEO dan pendiri Patrice & Associates.

Hubungan antara produktivitas dalam pekerjaan dengan hobi ini pun membuat Anda meraih lebih banyak hal ketika bekerja mengikuti hobi.

2. Merasa Lebih Puas

produktif

Ketika sukses dalam pekerjaan memang menjadi passion Anda, akan ada sebuah kepuasan tersendiri jika Anda berhasil bekerja sesuai hobi. Kepuasaan ini mungkin tidak akan mudah begitu saja dirasakan ketika Anda bekerja hanya berdasarkan dari gaji saja. Rasa puas ini pun menjadikan Anda akan rela melakukan lebih banyak hal untuk meraih prestasi yang lebih besar dalam pekerjaan.

“Pekerjaan yang Anda cintai dapat memberi Anda motivasi ekstra untuk memenuhi tujuan Anda, dan bila Anda melakukannya, rasa pencapaian itu luar biasa,” kata Masanari Arai, salah satu pendiri dan CEO Kii Corporation.

Tak bisa menutup kemungkinan memang bahwa pekerjaan seperti biasa pun akan memberikan perasaan yang sama. Namun sepertinya, perasaan puas yang membuncah ini hanya bisa didapat ketika Anda bekerja sesuai passion saja.

3. Meraih Sukses Lebih Mudah

pemimpin sukses
Sumber : xworkinternational

Dengan mengkombinasikan dua hal di atas saja sepertinya Anda bisa dengan mudah menghasilkan sukses. Faktanya, seseorang yang bekerja sesuai dengan hobi memang akan lebih mudah meraih sukses daripada mereka yang bekerja hanya berdasarkan apa yang bisa mereka dapatkan dari pekerjaan tersebut.

“Bila Anda menyukai apa yang Anda lakukan, Anda terpaksa mendorong diri Anda sendiri. Anda ingin berada di tempat Anda menantang diri sendiri, dan Anda bersaing dengan diri sendiri dalam mencapai visi Anda,” ucap Amir Zonozi, kepala strategi di Zoomph.

Baca Juga: 5 Langkah Pasti Untuk Mengubah Hobi Menjadi Pekerjaan Tetap