Berminat Jadi Pekerja Kreatif? Ini Keuntungan yang Bisa Didapatkan

Industri kreatif semakin hari semakin mengalami perkembangan. Hal ini tidak terlepas karena pengaruh teknologi yang berkembang sangat pesat. Selain itu, pengaruh media sosial, pasar yang dinamis, serta dukungan positif dari pemerintah juga ikut memengaruhi perkembangannya. Adanya perkembangan industri kreatif menyebabkan industri ini semakin banyak membutuhkan karyawan.

Mereka yang bekerja di industri kreatif sering dikenal dengan sebutan para pekerja kreatif. Keberadaannya seakan berbeda dengan pekerja profesional yang bekerja di industri lainnya. Baik dari lingkungan kerjanya, gaji yang diterima hingga penampilan kesehariannya.

Di sisi lain, setiap perusahaan atau industri kerja pastinya menawarkan keuntungan tersendiri bagi para pekerjanya. Nah, buat kamu yang berminat bekerja di industri kreatif, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan.

Suasana Kerja yang Santai

Industri kreatif sangat membutuhkan suasana kerja yang nyaman. Malahan, industri ini mengutamakan suasana kerja yang santai. Pasalnya, ide-ide kreatif lebih sering didapatkan dengan bekerja di suasana yang nyaman dan santai.

Ruangan kerja yang bersekat dan budaya kerja yang kaku hanya akan membuat para pekerja di industri kreatif sulit berinovasi. Hal ini akan membuat perusahaan sulit mencapai tujuannya.

Nah, kalau ingin bekerja dalam suasana yang santai, kamu bisa bekerja di industri kreatif.

Dress Code

Karena industri kreatif dekat dengan suasana kerja yang nyaman dan santai, dress code yang digunakan sebisa mungkin memberikan kenyamanan bagi para karyawannya. Karenanya, jangan heran jika kamu melihat pekerja kreatif mengenakan t-shirt, celana jeans dan sneakers sebagai alas kaki.

Bahkan, tidak jarang pekerja di industri ini hanya mengenakan kaos. Jadi, kalau kamu ingin berpenampilan santai saat bekerja, industri kreatif adalah pilihan yang tepat.

Baca Juga: Sebelum Video Call, Ikuti 5 Tips agar Penampilan Tetap Menarik

Jumlah Gaji Pekerja Kreatif

Beberapa puluh tahun lalu, industri kreatif belum banyak dikenal orang. Karenanya, gaji yang didapatkan oleh para pekerja kreatif terbilang kecil. Saat ini gaji di industri kreatif relatif sama dengan gaji di industri-industri lain.

Bukan tidak mungkin di masa depan gaji yang bisa didapatkan di industri kreatif lebih besar dibandingkan gaji di industri-industri lain. Salah satu alasannya, karena industri IT semakin lama semakin berkembang.

Jenjang Karier

Pekerja kreatif umumnya memiliki lebih dari satu macam skill/kemampuan. Hal ini memberikan nilai tambah bagi perusahaan manapun yang ingin merekrutnya. Karenanya, kesempatan untuk berkarier di industri kreatif sangat besar. Bahkan lebih besar dibandingkan di industri-industri lain.

Meski demikian, industri kreatif memberikan tantangan tersendiri bagi para pekerjanya. Salah satunya, pekerja kreatif tidak memiliki jam kerja yang tetap. Karenanya, pekerja di industri ini bisa bekerja sampai larut malam. Pekerja kreatif juga seringkali tidak memiliki job-desc yang tetap, alias harus bersedia menyelesaikan pekerjaan yang sebenarnya bukan merupakan tanggung jawabnya.

Nah, bagaimana, kamu tertarik untuk menjadi pekerja kreatif?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here