Gak Melulu Ngenes! Ini 5 Manfaat Mental dan Fisik Menjadi Jomblo

Di zaman sekarang ini, menjadi single atau jomblo sudah tidak dianggap sebagai sesuatu yang harus dikasihani lagi seperti dulu. Ya, kini banyak orang beranggapan bahwa  menjadi jomblo bisa sangat menyenangkan.

Ternyata, beberapa penelitian juga menemukan bahwa banyak manfaat mental dan fisik yang dirasakan menjadi jomblo, lho. Oleh karena itu, berikut ini beberapa alasan bahwa menjadi seseorang yang melakang lebih baik untuk kamu.

Saat Jomblo, Punya Lebih Banyak Ruang untuk Berpikir

Meluangkan waktu untuk diri sendiri harus dilihat sebagai kesempatan untuk mengenal siapa diri kamu sebenarnya dan apa yang kamu butuhkan. Jika pernah terluka di masa lalu, seseorang bisa tergoda untuk terburu-buru menjalin hubungan baru. Namun, bisa jadi ia berhubungan dengan orang yang salah karena secara tidak sadar ia menjalin hubungan hanya untuk memerbaiki rasa sakitnya.

Jika kamu memilih untuk menyendiri dahulu, kamu akan menyadari waktu adalah penyembuh yang hebat. Dan kamu akan belajar untuk melepaskan masa lalu. Pada saat yang sama, kamu dapat menjelajahi tempat-tempat baru dan mencoba pengalaman baru untuk mencari tahu siapa dirimu, dan pasangan seperti apa yang cocok untuk dirimu.

Baca Juga: Jomblo? Tak Perlu Sedih Lagi, Ini Tips Biar Nggak Kesepian

Memiliki Hubungan yang Lebih Baik dengan Teman

Orang-orang yang memilih jomblo biasanya akan selalu lebih memperhatikan teman dan keluarga daripada orang yang menjalin suatu hubungan atau menikah.

Ya, orang yang melanjang juga memiliki lebih banyak orang yang mereka anggap teman dekat dan memiliki waktu untuk kumpul dengan teman, ketimbang mereka yang berhubungan.

Melakukan Pekerjaan Lebih Baik dan Fokus di Tempat Kerja

Orang lajang lebih cenderung menghargai pekerjaan yang bermakna. Tidak perlu khawatir tentang mempertahankan hubungan bisa berarti lebih banyak upaya dalam kariermu.

Dan kamu menjadi lebih mampu melakukan perjalanan bisnis. Bepergian sendirian untuk jangka waktu yang lebih lama juga dapat membuka lebih banyak peluang karena kamu tidak terikat di satu tempat.

Rasa Stress Lebih Berkurang

Menjadi lajang tentu saja bisa membuat stres. Mungkin selama berhubungan kamu ditekan orang-orang di sekitar. Belum lagi masalah yang muncul dari pasanganmu sendiri. Dan ada juga komentar atau masukkan dari orang lain ke dalam hidupmu.

Menjalin hubungan memang bisa menjadi kompleks karena kamu tidak hanya fokus pada diri sendiri, tetapi juga orang lain, yaitu pasanganmu. Tentu, pemikiran-pemikiran seperti ini tidak dirasakan seseorang yang lajang.

Jomblo Biasanya Lebih Mandiri

Sendirian tidak sama dengan kesepian. Belajar untuk menghargai waktu sendirian sangat penting untuk menjadi mandiri. Setiap orang perlu mandiri pada saat tertentu dalam hidup mereka, dan jika kamu belum pernah sendirian, kamu mungkin akan kesulitan menyesuaikan diri.

Semakin banyak orang lajang mandiri, semakin kecil kemungkinan mereka untuk mengalami emosi negatif. Tetapi bagi orang yang sudah menikah, menjadi mandiri dikaitkan dengan lebih banyak emosi negatif, hampir seperti mereka benci harus berjuang sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here