5 Keuntungan Merekrut Karyawan dari Dalam Perusahaan

Untuk mendapatkan karyawan baru yang bisa menempati posisi atau jabatan tertentu, perusahaan bisa melakukan perekrutan karyawan. Seringkali perekrutan dilakukan dengan merekrut karyawan dari luar perusahaan. Tapi, merekrut karyawan dari dalam perusahaan juga bisa dilakukan.

Untuk merekrut dari dalam, perusahaan bisa melakukan mutasi atau promosi. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan merekrut karyawan dari dalam perusahaan. Salah satunya yaitu, kinerja karyawan umumnya lebih terjamin. Karena, karyawan tidak lagi harus beradaptasi di bidang pekerjaannya.

Selain itu, berikut ini beberapa keuntungan lain yang bisa didapatkan.

Merekrut Karyawan dari Dalam untuk Mengurangi Bujet Rekrutmen

Untuk merekrut dari luar, perusahaan tentu harus menyediakan bujet rekrutmen yang tidak sedikit. Belum lagi jika proses rekrutmen yang harus dilalui cukup panjang. Demikian pula jika proses rekrutmen tersebut harus diulang karena tidak berhasil menemukan kandidat karyawan potensial.

Dengan melakukan perekrutan dari dalam, perusahaan bisa mendapatkan karyawan yang diinginkan tanpa harus menyediakan bujet rekrutmen yang besar. Perusahaan juga bisa mendapatkannya dalam waktu yang relatif singkat.

Membuka Kesempatan Kerja untuk Karyawan Baru atau Fresh Graduate

Dengan merekrut karyawan dari dalam, secara tidak langsung perusahaan membuka kesempatan kerja untuk posisi yang lebih cocok ditempati karyawan baru dari luar perusahaan. Umumnya, posisi-posisi tersebut adalah posisi entry-level atau posisi yang cocok ditempati oleh fresh graduate.

Diharapkan dengan masuknya karyawan baru atau fresh graduate, perusahaan bisa melakukan regenerasi dengan lebih baik. Sehingga bisa mendapatkan kandidat potensial di masa yang akan datang.

Baca Juga: Rekruter yang Produktif Selalu Melakukan 5 Kebiasaan Ini

Karyawan Lebih Mengenal Budaya Perusahaan

Karyawan yang sudah lama bekerja di perusahaan dipastikan sudah mengenal dengan baik budaya perusahaan. Sehingga karyawan tersebut lebih mudah untuk beradaptasi dengan cara kerja dan suasana kerja di perusahaan.

Hal ini menguntungkan karena karyawan akan lebih mudah untuk bekerjasama dengan rekan kerjanya yang lain. Selain itu karyawan juga lebih mudah menjalankan pekerjaannya karena sudah mengenal dengan baik aturan dan kebijakan perusahaan.

Perusahaan Sudah Mengenal Karyawan

Sebaliknya, perusahaan dipastikan sudah mengenal karyawannya dengan baik. Baik itu kelemahannya, kemampuan yang dimilikinya maupun motivasinya. Semisal, karyawan yang menginginkan tantangan tentu memiliki motivasi yang berbeda dengan karyawan yang mengharapkan gaji yang tinggi.

Dengan mengetahui harapan dan tujuan karyawan, perusahaan bisa lebih mudah membuat kebijakan-kebijakan tertentu agar karyawannya bekerja dengan lebih baik dan produktif. Di sisi lain, perusahaan juga bisa lebih mudah menyediakan suasana kerja yang nyaman.

Mengurangi Turn-Over dengan Melakukan Perekrutan dari Dalam Perusahaan

Karyawan yang direkrut dari dalam perusahaan umumnya lebih loyal dibandingkan karyawan yang direkrut dari luar. Karena karyawan yang bersangkutan merasa perusahaan sudah memperhatikan perkembangan karirnya. Selain itu, hubungan dengan rekan kerja, atasan atau bawahan juga sudah terbina dengan baik.

Karyawan yang loyal tidak mudah mengambil keputusan untuk resign. Sedangkan bagi rekan kerjanya, loyalitas juga meningkat karena bekerja dengan orang yang sudah dikenal dengan baik. Dengan begini, tingkat turnover perusahaan bisa ditekan.

Mengurangi Resiko Gagal Negosiasi Gaji

Tidak jarang perusahaan harus kehilangan kandidat karyawan karena menolak tawaran gaji yang diberikan. Padahal, kandidat tersebut adalah kandidat karyawan potensial. Hal ini tentu sangat disayangkan.

Dengan melakukan perekrutan dari dalam, perusahaan bisa memperkecil kemungkinan adanya penolakan gaji oleh karyawan barunya. Pasalnya, karyawan sudah mengenal baik perusahaan tempatnya bekerja. Sehingga ia bersedia untuk berproses dan merasa punya kesempatan untuk mengembangkan kariernya sambil memajukan perusahaan.

Tentu saja kamu bisa melakukan perekrutan karyawan dari dalam untuk mengisi beberapa posisi tertentu di perusahaan. Sedangkan untuk posisi lainnya, perekrutan dilakukan dari luar perusahaan. Yang terpenting, kamu bisa mendapatkan karyawan yang mampu memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here