Punya Atasan Introvert? Ini Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan

Kamu tentunya memiliki rekan kerja dari beragam status, karakter dan latar belakang. Termasuk sosok yang introvert, ambivert dan ekstrovert. Kalau kebetulan pemimpin atau atasanmu introvert, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan.

Seorang introvert identik dengan penyendiri, pendiam dan pemikir. Berikut ini beberapa hal yang juga perlu kamu ketahui tentang introvert:

  • Introvert tidak selalu mengisolasi diri, ia hanya lebih sering mengoreksi dirinya;
  • Introvert tidak selalu berarti pendiam, ia hanya tidak berbicara sesering ekstrovert;
  • Introvert lebih menyukai percakapan empat mata dibandingkan diskusi grup; dan
  • Introvert mendapatkan energinya dengan menjauh dari orang lain. Namun, bukan berarti ia tidak mengobservasi keadaan di sekelilingnya. Ia hanya tidak men-judge keadaan sekelilingnya dengan mudah.

Lalu, keuntungan apa yang bisa didapatkan dari atasan yang introvert?

Pendengar yang Baik

Seorang introvert adalah pendengar yang baik. Jadi, jangan ragu untuk mengutarakan pendapatmu kepadanya. Pasalnya, seringkali kita menjumpai atasan yang enggan mendengarkan keluhan atau pendapat bawahannya.

Berpikir Matang Sebelum Mengambil Keputusan

Sebelum mengambil keputusan, atasan yang introvert biasanya memikirkan setiap langkah serta konsekuensi yang terjadi. Selain itu, ia juga akan banyak bertanya dan menggali informasi dengan lebih dalam. Dengan begitu, keputusan yang diambilnya sudah melalui proses pemikiran yang matang.

Baca Juga: Ups, Ciri Ini Menandakan Anda Terlalu Banyak Berpikir ketika Mengambil Sebuah Keputusan!

Empati dan Gemar Melayani

Introvert biasanya lebih emosional dan perasa. Itu sebabnya, introvert memiliki empati yang tinggi. Dengan begitu, kamu akan mendapat perhatian lebih dari atasan yang introvert.

Selain itu, atasan introvert juga punya sifat gemar membantu dan melayani. Namun, ia juga lebih senang berada di belakang layar dan membiarkan orang lain yang mendapatkan perhatian.

Gemar Mengobservasi

Atasan introvert gemar melakukan observasi. Ia mungkin tidak terlibat aktif dalam sebuah tugas atau pekerjaan, namun ia bisa melakukan observasi keadaan sekelilingnya lebih aktif dan mendalam dari yang diperkirakan.

Nah, itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari atasan yang introvert.

Yang juga perlu diketahui, tidak semua orang benar-benar memiliki sifat introvert saja atau ekstrovert saja. Atasanmu bisa saja memiliki gabungan dari kedua sifat tersebut.

Di sisi lain, setiap perusahaan membutuhkan atasan dari berbagai karakter dan latar belakang, bergantung pada kebutuhannya. Jadi, kamu harus bisa memahami karakter dan latar belakang dari masing-masing atasan atau pemimpinmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here