Tak Hanya Menyegarkan, Ini 5 Khasiat Minum Air Jeruk Lemon

Beberapa tahun belakangan ini, air jeruk lemon tengah menjadi tren karena rasanya lebih segar daripada minum air putih biasa. Pembuatannya yang sangat mudah juga menjadi air lemon ini begitu diminati serta praktis dibawa kemana saja.

Bahkan, beberapa orang kini lebih memilih untuk mengkonsumsi air jeruk lemon dibandingkan teh atau kopi di pagi hari. Bukan hanya sekedar lezat dan menyegarkan, khasiat minum air jeruk lemon juga sangat banyak. Berikut ini informasi terkait ragam khasiat air jeruk lemon untuk tubuh.

Sumber Vitamin C yang Baik

Buah jeruk seperti lemon kaya vitamin C, yang merupakan antioksidan utama yang membantu melindungi sel dari radikal bebas yang merusak.

Vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke, serta menurunkan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan kadar vitamin C rendah, terutama pria gemuk dengan tekanan darah tinggi, memiliki risiko stroke yang lebih tinggi.

Vitamin C juga dapat membantu mencegah atau membatasi durasi flu biasa pada beberapa orang, meskipun penelitian bertentangan. Sementara meski lemon tidak termasuk dalam daftar buah jeruk yang kaya vitamin C, tapi tetap merupakan sumber yang baik. Dari 1/4 cangkir jus lemon mentah terkandung sekitar 23,6 gram vitamin C.

Baca Juga: Waspada! 7 Masalah Kesehatan yang Dipicu Akibat Kurang Vitamin C

Memerbaiki Kualitas Kulit

Vitamin C yang ditemukan dalam lemon dapat membantu mengurangi kerutan pada kulit. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Society for Clinical Nutrition menyimpulkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak vitamin C memiliki risiko lebih sedikit mengalami kulit keriput dan kering.

Jika kulit kamu kehilangan kelembapan, itu menjadi kering dan rawan keriput. Jadi lebih baik menerapkan pelembap ke kulit atau minum lebih banyak air. Tetapi UW Health juga merekomendasikan minum setidaknya delapan gelas air setiap hari untuk tetap terhidrasi dan membersihkan kulit dari racun.

Membantu Melancarkan Pencernaan

Beberapa orang minum air jeruk sebagai obat pencahar setiap pagi untuk membantu mencegah sembelit. Minum air jeruk hangat atau panas saat bangun tidur dapat membantu sistem pencernaan untuk bergerak.

Pengobatan ayurveda percaya rasa asam lemon membantu menstimulasi “agni” tubuh. Dalam Ayurveda agni yang kuat mulai melancarkan sistem pencernaan, memungkinkan tubuh mencerna makanan dengan mudah dan membantu mencegah penumpukan racun.

Mampu Menyegarkan Nafas

Pernahkah kamu menggosokkan lemon ke tangan untuk menghilangkan bau yang kuat? Cara ini juga dianggap mampu menetralkan bau. Obat tradisional yang sama dapat berlaku untuk bau mulut yang disebabkan oleh makan makanan dengan bau yang kuat seperti bawang putih.

Perangi napas bau dengan minum segelas air jeruk setelah makan dan saat baru bangun tidur. Lemon dianggap merangsang air liur, dan air membantu mencegah mulut kering, yang menyebabkan bau mulut yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri berlebih.

Membantu Mencegah Batu Ginjal

Asam sitrat dalam lemon dapat membantu mencegah batu ginjal kalsium. UW Health merekomendasikan untuk meningkatkan asupan asam sitrat untuk mengurangi risiko mengalami batu kalsium baru. Minum air jeruk nipis tidak hanya membantu untuk mendapatkan lebih banyak asam sitrat, tetapi juga air yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah terbentuknya batu.

Mengonsumsi 1/2 cangkir jus lemon setara dengan jumlah asam sitrat bisa kamu temukan dalam berbagai resep.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here