Ternyata Inilah 4 Khasiat Minyak Urut Karo yang Antarkan Ginting Sabet Medali!

minyak urut karo
Sumber : Antara Foto

Sempat mengalami cedera dan kram pada kaki, ternyata tak menyulutkan semangat Anthony Sinisuka Ginting untuk maju dan membela Indonesia dalam babak semifinal melawan Chou Tien Cien. Tampil fit dan prima dalam babak semifinal setelah sempat cedera, ternyata Ginting sudah mendapatkan berbagai perawatan untuk menyembuhkan kakinya, salah satunya berkat minyak urut karo, yaitu minyak urut tradisional khas Karo yang diberikan oleh sang ibu.

Wajib Tahu, Inilah 4 Khasiat Minyak Urut Karo yang Antarkan Ginting Sabet Medali!

Sumber: tribunnews

Minyak urut karo merupakan minyak urut tradisional berasal dari Tanah Karo, Sumatera Utara. Minyak urut tradisional ini memang sudah lama menjadi minyak andalan masyarakat di Tanah Karo yang digunakan untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. Diracik dari rempah-rempah pilihan, akar tumbuhan, minyak kelapa, serta ekstrak tanaman herbal lainnya, minyak urut karo secara turun-temurun dipercaya memiliki segudang khasiat dan manfaat, seperti di bawah ini.

Meredakan Pegal-Pegal

Meski memiliki bau yang menyengat, minyak urut karo dipercaya mampu memberikan rasa lega dan meredakan pegal-pegal pada tubuh. Penggunaannya begitu mudah, yaitu cukup dengan mengoleskan minyak sembari melakukan pijatan pada area tubuh yang dirasa pegal-pegal.

Baca Juga: Ternyata Ini Rahasia Kecepatan Lari Muhammad Zohri

Mengeringkan dan Menyembuhkan Luka

Khasiat lain minyak urut ini ialah untuk menyembuhkan dan mengeringkan bagian tubuh yang terluka. Minyak ini sering kali digunakan untuk menyembuhkan bagian tubuh yang terkena sayatan dan menimbulkan luka. Kebiasaan mengoleskan minyak urut karo pada bagian yang luka dipercaya mampu membuat luka cepat kering dan sembuh tak meninggalkan bekas.

Meredakan Kram dan Terkilir

Kram dan terkilir pada kaki maupun tangan merupakan masalah yang sering kali dipercaya ampuh diatasi oleh minyak urut karo ini. Minyak urut karo  yang juga dikenal dengan nama  minyak pengalun ini dalam bahasa Karo, dipercaya paling ampuh untuk menyembuhkan kaki atau tangan yang mengalami kram dan terkilir, seperti yang dipercaya oleh ibunda dari Anthony Sinisuka Ginting saat anaknya mengalami cedera kram pada kaki. Cara penggunannya cukup mudah, hanya dengan melakukan pijatan-pijatan sembari mengoleskan minyak urut karo pada titik yang terkena kram dan terkilir.

Menghangatkan Badan

Khasiat lain dari minyak tradisional ini ialah mampu menghangatkan badan. Aktivitas di luar pada malam hari tentunya sering menyebabkan badan kedinginan, masuk angin, ataupun kembung. Dengan mengoleskan minyak urut karo pada seluruh bagian badan dipercaya ampuh memberikan kesan hangat dan nyaman.

Menguatkan Tulang pada Bayi

Di kalangan ibu-ibu di daerah Karo, sudah menjadi kebiasaan untuk meminyaki anak-anak, terutama bayi mereka dengan minyak ini. Praktik tersebut sudah menjadi kebiasaan dan warisan turun-temurun di kalangan ibu-ibu. Mereka pun percaya minyak ini lebih berkhasiat dibandingkan minyak telon maupun baby oil. Walaupun belum terbukti secara akurat, minyak karo dipercaya oleh ibu-ibu mampu menguatkan tulang dan otot pada bayi.

Ternyata, begitu banyak khasiat dan manfaat yang mampu minyak urut karo. Tak hanya meredakan kram seperti yang Ginting alami, namun juga mampu mengatasi segudang masalah kesehatan lain. Walaupun belum ada penelitian detail terkait khasiat minyak tersebut, namun minyak urut tradisional ini masih terus diandalkan.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here