6 Kiat Jitu Menghangatkan Rumah Tangga-mu!

menghangatkan rumah tangga
Sumber: pexels

Menurut psikolog terkenal, Eli Finkel, ternyata ditemukan fakta adanya penurunan kepuasaan orang-orang terhadap pernikahan dan rumah tangganya, dari tahun ke tahun. Survey tersebut telah dilakukan terhadap ribuan pasangan, kurang lebih empat dekade terakhir.

Biasanya orang-orang cenderung mencari pasangan hidup, untuk memberikan/ menggantikan dukungan emosional yang pernah diberikan keluarga mereka sebelumnya. Atau juga memenuhi kekosongan mereka, yang biasa diisi oleh teman-teman perkumpulan, dan lain sebagainya, yang perlahan juga pergi. Namun sayang, pada kenyataannya ternyata para pasangan hidup mereka, malah terlalu sibuk, baik dengan pekerjaan atau hal lainnya. Sehingga waktu bermesraan menjadi sedikit, dan ekpektasi sebelumnya tidak terpenuhi.

Baca Juga: Tidak Bahagia dalam Berumah Tangga? Mungkin Anda Mengalami Wedding Blues

Jika sudah begitu, otomatis dibutuhkan tindakan untuk lebih memuaskan pasanganmu, dan juga dirimu sendiri. Jika menurunkan ekspektasi kamu sebelumnya tidak mungkin dilakukan, psikolog Finkel memberikan solusinya, dalam buku terbarunya The All-or-Nothing Marriage. Cara-caranya singkat, dan hanya membutuhkan beberapa menit, namun ampuh untuk menghangatkan rumah tangga-mu kembali.

Simak, 6 kiat jitu menghangatkan rumah tangga-mu, yang mulai redup!

Mengapa Anda Mencintainya
Sumber: Hipwee

1. Berikan Sentuhan

Tidak melulu harus sentuhan berlebihan, atau terkesan menggoda. Berpengangan tangan saja dapat mengembalikan kembali getaran cinta, bahkan cara ini ampuh sekalipun dilakukan secara tidak sengaja. Berikan kesan “hangat, nyaman, dan positif”. Hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan diri dan kenyamanan pasanganmu, sekaligus meyakinkan bahwa mereka masih sangat kamu cintai.

2. Jangan Langsung Ambil Keputusan

Jika kalian terlibat dalam sebuah percekcokkan, atau kamu menemukan kesalahan pasanganmu. Jangan menduga-duga secara berlebihan, hindari pemikiran negatif! Luangkan beberapa detik untuk berpikir, dan cari alasan yang lebih positif.

Survei membuktikan pasangan-pasangan yang tidak bahagia, cenderung mengaitkan segala sesuatu secara spontan. Sebagai contoh jika pasanganmu tidak mengangkat telpon, jangan langsung menuduhnya. Hal tersebut membuat luka batin pada pasanganmu. Dia akan beranggapan dan mengaitkan bahwa “kamu terlalu posesif” ataupun lain sebagainya, hampir di segala situasi pertengkaran kalian.

Baca Juga: Yuk, Lakukan Pillow Talk yang Bikin Hubungan Anda dan Pasangan Selalu Harmonis!

3. Tarik Gambaran Sebagai Orang Luar

Selain mencoba berpikran positif, ketika berseteru, coba tarik kesimpulan sebagai orang ke-3 dengan sudut pandang netral. Hal ini memang tidak mudah dilakukan, namun coba dilatih terus menerus. Lakukan mulai tahun pertama pernikahan-mu, maka tingkat kepuasan kamu terhadap pernikahan dijamin stabil dan tidak menurun secara drastis dari tahun ke tahun.

4. Buat Daftar Terima Kasih

Setiap minggu, tulislah beberapa hal yang kamu sukai dari pasangan kamu. Ucapkan terima kasih kepadanya. Hal ini membuat kamu lebih berkomitmen secara signifikan terhadap hubungan dan rumah tangga-mu. Selain itu, kamu juga pasti lebih merasa bersyukur memiliki pasanganmu, di hidupmu.

Jangan hanya memikirkan kebaikan apa yang kamu lakukan kepadanya. Namun lakukanlah semuanya dengan ikhlas.

5. Terima Kebaikannya

Salah satu faktor paling umum dalam perkawinan yang gagal adalah “penolakan terhadap kebaikan”. Orang-orang dengan harga diri rendah mengalami kesulitan untuk mempercayai pasangan mereka benar-benar mencintai mereka, mereka takut disakiti. Mereka cenderung menolak kebaikan yang dilakukan pasangannya, yang malah membuat ketakutan terburuk mereka menjadi kenyataan, karena perilaku defensif mereka berakhir dengan mengusir orang lain.

Jika kamu si orang defensif tersebut, latihlah dirimu untuk mengingat suatu pujian khusus dari pasanganmu. Hal itu akan menjeleaskan betapa pasanganmu menggagumi dan mencintai kamu. Selain itu, hal tersebut juga membuat kamu lebih mengerti arti pentingnya rumah tangga kalian.

6. Buatlah Momen Kecil untuk Kebahagianmu

Kalian pantas merayakan kebahagian kalian berdua, buatlah momen kecil untuk keberhasilan sederhana. Sebagai contoh, kamu bisa membuat perayaan, dengan makan malam romantis untuk ketika pasangan kamu berhasil naik jabatan di kantornya. Berbagi kebahagiaan satu sama lain, akan membuat kedua pasangan merasa lebih dekat. Jika kamu memiliki waktu lebih, bagikan kebahagiaan kalian bersama orang sekitarmu juga, untuk membuktikan seberapa besar cinta dalam rumah tangga-mu. Lingkungan sekitar juga dapat membantu menghangatkan rumah tangga-mu lho di situasi tertentu!

Ke-6 solusi di atas, telah diteliti cocok untuk berbagai pasangan di segala kalangan. Pilih yang mana saja, dan segera lakukan! Niscaya kamu dapat menghangatkan rumah tangga-mu sesegera mungkin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here