Mau Jadi Ahli DevOps? Ikuti DevOpsDays Terbesar di Indonesia

Perkembangan adopsi DevOps dalam dunia bisnis berbasis teknologi yang semakin tinggi mendorong DevOps Indonesia selaku komunitas para praktisi DevOps untuk menggelar konferensi DevOps terbesar di Indonesia untuk kali ketiga. Konferensi DevOpsDays Jakarta 2020 akan digelar selama dua hari, pada 11-12 Maret 2020.

DevOpsDays Jakarta 2020 yang merupakan tahun ketiga ini menjadi suksesor pagelaran dua tahun terakhir. Pada konferensi perdana, DevOpsDays Jakarta 2018, lebih dari 270 partisipan turut serta. Pada tahun berikutnya, lebih dari 520 partisipan ikut serta.

Tingginya animo peserta menunjukkan tingginya tren penerapan DevOps di dalam dunia bisnis di Indonesia akhir-akhir ini. Untuk itu, DevOpsDays Jakarta 2020 berkomitmen untuk menggandeng para praktisi DevOps handal dari dalam dan luar negeri untuk berbagi ilmu dan pengalaman dalam penerapan DevOps dalam bisnis mereka.

Bekerja sama dengan PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) untuk kali kedua sebagai sponsor, DevOpsDays Jakarta 2020 akan menghadirkan Indra Utoyo selaku Director of Digital, Information Technology & Operation Bank BRI, sebagai salah satu pembicara yang siap membocorkan kiat-kiat sukses di dunia IT. 

Selain Bank BRI, DevOpsDays Jakarta 2020 juga disponsori oleh para praktisi di industri teknologi seperti NaradaCode, Packet System, Dynatrace, Allianz Indonesia, F5 Network, Elastic, NETPOLEON, Shopee Indonesia dan Pager Duty.

Baca Juga: Praktek CALMS DevOps untuk Mempercepat Proses Kerja IT

Indra Utoyo selaku Director of Digital, Information Technology & Operation Bank BRI, memberikan sambutan pada pembukaan DevOpsDays Jakarta 2019. (FOTO: dok. DevOps Indonesia)

Dengan dukungan dari para penggiat teknologi, DevOpsDays Jakarta 2020 akan menawarkan topik-topik menarik mengenai DevOps dan seputar teknologi yang dibawakan oleh para ahlinya dari Gojek, XL Axiata, Shopee Indonesia, Allianz Indonesia, HM Sampoerna, Bank Mandiri, BTPN, GuardRails, dan Dynatrace.

Menariknya lagi, konferensi ini akan disiarkan secara langsung di tiga lokasi, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Bina Nusantara, dan BRI Corporate University.

Selain konferensi, DevOpsDays Jakarta 2020 juga akan dimeriahkan oleh turnamen bahasa pemrograman dan workshop. Turnamen bahasa pemrograman akan digelar sebelum kick-off konferensi, yaitu pada 5 Maret untuk proses eliminasi dan 10 Maret untuk penentuan juara.

Turnamen bertitel Secure Code Warrior Tournament ini merupakan kolaborasi antara DevOpsDays Jakarta dengan Secure Code Warrior untuk memberikan kesempatan kepada praktisi teknologi maupun mahasiswa untuk lebih memahami security awareness.

Peserta Secure Code Warrior Tournament akan berkompetisi untuk mengidentifikasi masalah berdasarkan kode dari 28 bahasa pemrograman. Tiga pemenang dalam turnamen ini akan memenangkan total hadiah uang sebesar Rp30 juta. Awareness mengenai pentingnya DevOps dalam dunia bisnis teknologi dewasa ini juga digaungkan melalui workshop yang digelar pada 9 dan 10 Maret 2020.

Workshop ini didukung oleh F5 Network, Elastic, dan NETPOLEON, yang masing-masing bergelut di bidang Web Application Firewall, Open Source Software, dan Network Security.

Peran DevOps dalam Bisnis Teknologi

DevOps merupakan metode yang dilakukan oleh tim developer (Dev) dan tim operasional (Ops) untuk mengembangkan perangkat lunak dalam bisnis. Dengan kolaborasi ini maka pengembangan aplikasi akan berjalan lebih cepat dan risiko kegagalan menjadi lebih rendah. Pasalnya, friksi yang kemungkinan terjadi antara tim developer dan tim operasional mengecil karena adanya peran DevOps sebagai penjembatan kedua pihak.

Ada beberapa peran lain yang dilakukan, yaitu merancang, mengembangkan, dan memecahkan masalah pada sebuah produk. Metode ini diperkenalkan pertama kali oleh Patrick Debois pada tahun 2008. Namun, metode ini baru resmi dikenal sebagai DevOps dalam acara devopsday di Belgia, pada tahun 2009. 

Nah, apakah kamu tertarik memelajari DevOps? Yuk, ikutan DevOpsDays Jakarta 2020 dengan klik tombol di bawah ini.

Daftar di sini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here