Ini yang Perlu Dilakukan Bila Konsentrasi Anda Teralihkan saat Wawancara via Telepon

11
Ini yang Perlu Dilakukan Bila Konsentrasi Anda Teralihkan Saat Wawancara via Telepon
Sumber: Nerdwallet

Anda memiliki jadwal wawancara via telepon dan Anda sudah mempersiapkan segalanya dengan sebaik-baiknya. Saat Anda hendak melakukan interview di rumah, tiba-tiba ada suara musik keras yang mengganggu konsentrasi. Atau, bila Anda melakukannya di kafe, orang-orang di sekitar Anda berbicara dengan nada tinggi. Tentu saja, kejadian tersebut dapat membuat perhatian Anda terpecah. Namun, Anda tidak perlu panik karena Anda dapat melakukan hal berikut untuk kembali melanjutkan wawancara via telepon.

Lakukan Ini Bila Konsentrasi Teralihkan saat Wawancara via Telepon

Kesalahan yang Sering Dilakukan Oleh Kandidat Saat Melakukan Wawancara via Telepon
Sumber: Thebalance

Tetap Bersikap Tenang

Anda tidak dapat mengendalikan apapun yang sedang terjadi, namun Anda dapat mengontrol bagaimana Anda harus bersikap. Bila Anda merasa seperti mendapatkan ‘serangan panik’, ini dapat menandakan image seseorang yang tidak sanggup mengatasi tantangan. Bahkan bila Anda berusaha untuk mengatur nada bicara agar tidak terlalu cepat, namun bila Anda masih terlihat panik, hal tersebut tidak akan sesuai dengan rencana. Bahkan, Anda akan cenderung bingung untuk menjawab apa.

Ingatkanlah pada diri Anda bahwa ini adalah kesempatan bagi Anda untuk bersinar, meski masih jauh dari lingkungan ideal karena ada gangguan dari luar. Anda mungkin juga pernah memiliki saat-saat dalam karir Anda dengan kondisi yang tidak sesuai dengan yang telah direncanakan. Pikirkanlah tu waksaat Anda harus berpidato, namun microphone tidak berfungsi, atau Anda datang terlambat untuk rapat karena terjadi kecelakaan, namun Anda tetap sukses melakukannya.

Baca Juga : Inilah Tanda-Tanda bahwa Anda Sedang Menjalani Wawancara dengan Perusahaan Tidak Sehat

Pertimbangkan Apakah Anda Perlu (atau Tidak Perlu) untuk Memberitahu Pewawancara

Bila Anda sudah mempersiapkan diri dengan matang, namun sesaat sebelum wawancara via telepon dimulai Anda mendapat pemberitahuan bahwa akan ada tukang ledeng yang datang untuk memperbaiki kran yang rusak, ada baiknya Anda mengatakannya kepada pewawancara dengan alasan, pertama untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat mengganggu saat interview, dan kedua bahwa situasi ini di luar kendali Anda.

Di sisi lain, bila alasan kenapa konsentrasi Anda terpecahkan karena keputusan bodoh, lebih baik bila Anda tidak memberitahu pewawancara. Misalnya bila Anda sedang berusaha untuk mencari tempat parkir untuk kendaraan Anda di mall sebelum interview dan ini lebih lama dari yang diperlukan. Atau, jangan pernah berbisik saat melakukan wawancara via telepon karena Anda melakukannya di kantor dan bos Anda tidak tahu akan hal itu. Alangkah baiknya bila Anda bersiap-siap terlebih dulu dan mencari tempat yang nyaman untuk melakukan interview.

Pertimbangkan Risiko untuk Menghubungi Kembali

Saat Anda ada di luar dan suasana begitu bising, tentu saja sulit untuk menerima panggilan telepon karena Anda tidak akan bisa mendengar suara pewawancara. Atau, bila Anda melakukan interview di rumah dan hal buruk terjadi, seperti kompor tiba-tiba meledak atau hal lain yang tidak dapat dikendalikan, cara terbaik adalah dengan menjadwal ulang wawancara kerja. Idealnya, Anda tidak akan membatalkannya dalam waktu 24 jam dari jadwal yang ditentukan, apalagi setelah wawancara dimulai.

Memang benar bila cara ini dapat membuat Anda kehilangan kesempatan untuk bekerja. Namun, ini lebih baik daripada Anda harus berkata, ‘Apa yang Anda katakan?’ atau, ‘Apakah Anda dapat mendengar suara saya?’ Sebagai gantinya, katakanlah, ‘Maaf bila saya tidak dapat mendengar Anda. Jadi saya akan mengirim email pada Anda sekarang.’ Selanjutnya, tutup telepon dan kirim email untuk menjelaskan keadaan yang terjadi.

Ungkapkan penyesalan Anda atas ketidaknyamanan yang terjadi dan beritahukan pada pewawancara bahwa Anda tidak ingin menyia-nyiakan waktunya, dan ungkapkan apakah dapat dilakukan jadwal-ulang atas wawancara via telepon selama beberapa jam ke depan. Ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa Anda tidak tahu kapan masalah Anda dapat terselesaikan.