Last Mile Delivery: Konsep Pengiriman Paket Super Cepat yang Sangat Disukai

Perkembangan bisnis online turut mempengaruhi berbagai bidang bisnis lainnya. Salah satu yang mendapatkan dampak positif adalah bisnis jasa pengiriman paket. Namun, kini konsep last mile delivery lebih diminati karena dianggap lebih praktis dan hemat waktu.

Istilah last mile delivery memang belum terlalu populer di tanah air.

Kendati demikian, konsepnya sudah mulai diterapkan untuk mendukung kelancaran pengiriman paket dalam ranah bisnis online. Mari simak dulu ulasannya berikut ini:

Apa yang Dimaksud dengan Last Mile Delivery?

Last mile delivery bisa didefinisikan sebagai konsep pengiriman paket tanpa perantara pihak ketiga. Bila biasanya kamu butuh waktu berhari-hari untuk mengirim paket melalui bisnis jasa delivery, tidak demikian halnya dengan konsep yang satu ini.

Bisnis online yang sudah besar biasanya memiliki armada khusus untuk melakukan last mile delivery. Namun, ada pula yang melirik peluang ini untuk menciptakan bisnis baru. Sehingga proses pengiriman tetap dilakukan pihak ketiga tetapi hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja.

Baca Juga: Ninja Express Terobsesi, Kirimkan Paket Barang Lebih Cepat

Proses Pengiriman Lebih Singkat dan Praktis

Masyarakat modern memang membutuhkan proses pengiriman paket yang singkat dan praktis. Saat ini sudah banyak bisnis online yang menyediakan produk-produk FMCG (Fast Moving Consumer Goods) yang biasanya bisa dibeli di warung atau minimarket.

Minat masyarakat terhadap produk-produk FMCG yang dijajakan bisnis online tentu membuat proses pengirimannya harus berlangsung cepat. Sehingga proses tersebut tidak menyita waktu dan barang pesanan pun bisa segera digunakan.   

Harus Didukung oleh Aplikasi Tracking

Salah satu fasilitas pendukung yang dibutuhkan dalam bisnis last mile delivery adalah aplikasi tracking. Keberadaan aplikasi tracking akan menjaga kepercayaan para pelanggan karena proses tracking dapat dilakukan secara mandiri untuk mengecek keberadaan paket.

Aplikasi tracking harus ringan, mudah diakses, dan bisa digunakan oleh semua kalangan usia. Supaya masyarakat bisa lekas beradaptasi dengan bisnis last mile delivery.

Bersaing Ketat dengan Layanan Delivery Ojek Online

Perkembangan bisnis last mile delivery kini bersaing ketat dengan layanan delivery ojek online. Melalui aplikasi ojek online, masyarakat bisa mengakses layanan delivery secara cepat dengan estimasi tarif yang jelas.

Itulah sebabnya, last mile delivery harus melakukan inovasi yang lebih kreatif, misalnya dengan menyiapkan layanan delivery untuk barang-barang yang besar dan berbobot berat. Pasalnya, salah satu kelemahan delivery ojek online adalah keterbatasan bobot barang yang bisa diantar jemput.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here